Kenali Lebih dalam Perbedaan dan Sistem Kerja Rem CBS dan ABS

0

Sedangkan, teknologi rem ABS memungkinkan ban motor tidak mengunci dan selip saat pengendara melakukan hard braking atau pengereman secara mendadak. Kemampuan ABS dalam mencegah ban selip, berasal dari sensor yang terpasang di piringan cakram.

Sensor itu terhubung ke Electronic Control Unit (ECU) yang akan membaca sensor saat cakram dan ban terdeteksi mengunci ketika motor melaju. Ketika terjadi fenomena ban mengunci, rem ABS secara otomatis akan melonggarkan tekanan minyak rem yang membuat piston akan tertarik, sehingga pengereman otomatis terlepas untuk memungkinkan ban kembali bergulir.

Dalam hitungan cepat dalam mili second, rem akan otomatis aktif kembali sehingga handling tetap terjaga. Singkatnya, cara kerja rem ABS mirip seperti kita mengocok rem, tetapi secara otomatis.

Dengan melihat kecanggihan ke-2 rem tersebut, AHM menempatkan harga skuternya yang bertipe CBS lebih rendah dari sesama model produknya yang bertipe ABS. Ke-2 pilihan rem ini juga telah hadir di line-up skuter 160cc AHM, yaitu All New Honda PCX160, All New Honda Vario 160, dan New Honda ADV160. (Galih/Prob/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here