Setelah Ganti Pelumas Mesin Skuter Matik Jangan Lupa Ganti Pelumas Gardan

0

Ganti pelumas gardan skuter

“Durasi penggantian nya dapat melihat panduan OEM di manual book, biasanya antara 8.000 – 10.000 km tergantung jenis motor nya. Namun kadangkala ada juga mekanik yang menyarankan menggunakan perbandingan 2:1,” jelas Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants.

Lebih lanjut Brahma menjelaskan, “Biasanya ini hanya untuk memudahkan agar pengendara tidak lupa kapan terakhir ke bengkel atau ganti oli. Artinya, oli gardan diganti bersamaan ketika ganti oli mesin untuk kedua kalinya. Tetapi yang paling tepat adalah mengikuti panduan dari OEM. Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka kinerja transmisi pada motor matic akan tetap terjaga.”

Pergantian pelumas gardan penting karena seperti fungsi pelumas pada umumnya adalah pertama ,mengurangi gesekan antar komponen, dan sekaligus berfungsi melindungi komponen tersebut, mengoptimalkan kerja transmisi yang bertugas meneruskan output mesin ke roda.

Kedua, melindungi komponen seperti gear pada motor matic. Ketiga, keberadaan oli gardan membuat pergerakan transmisi menjadi halus.

Wajar jika motor matic punya suara lebih halus daripada motor kopling kering (motor sport dan bebek). Lantas, apa yang terjadi jika ganti oli gardan di motor matic tidak teratur?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here