Ini Perbedaan Isi Angin Biasa dengan Nitrogen pada Ban Sepeda Motor

0
Angin biasa dengan nitrogen
Outlet isi angin nitrogen yang terdapat di SPBU Pertamina. Foto: green-nitrogen

NaikMotor – Saat hendak mengisi ban sepeda motor, pengendara dihadapkan dengan 2 pilihan, yakni isi angin biasa atau nitrogen. Agar tidak bingung, Wahana Honda memberikan perbedaan angin biasa dengan nitrogen pada ban motor.

Jika menilik kandungan gas nitrogen, sesungguhnya tidak ada perbedaan yang berarti dengan angin biasa. Karena angin biasa pun juga sudah memiliki kandungan nitrogen. Hanya kadar yang membedakannya.

Pengisian ban dengan angin biasa memiliki kandungan nitrogen 78 sebanyak persen, sedangkan nitrogen murni memiliki kandungan lebih banyak yakni sebesar 96 persen.

Nitrogen murni mempunyai keunggulan pada stabilitas dibandingkan angin biasa. Maksudnya, nitrogen tidak cepat memuai dan lebih stabil kandungannya. Tidak mudah berkurang atau berlebih seperti yang terjadi pada isi ban dengan angin biasa.

Sementara kalau soal kenyamanan, yang menentukannya adalah tekanan angin yang sesuai, bukan apa jenis anginnya. Jika tekanan sesuai, maka berkendara pasti nyaman. Terlepas dari menggunakan nitrogen ataupun angin biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here