Arab Saudi akan Menggelar MotoGP, Seiring MoU dengan Dorna Sport

0
Arab Saudi akan Menggelar MotoGP Seiring dengan MoU dengan Dorna Sport
MoU antara Saudi Motorsport Company dan Dorna Sport, memungkinkan Arab Saudi akan menggelar MotoGP. Foto: dorna motogp

NaikMotor – Nota kesepahaman telah ditandatangani bersama Dorna Sport dan Saudi Motorsport Company, (4/9/2022). Sehingga kelak Arab Saudi akan menggelar MotoGP.

Dokumen tersebut ditandatangani di sela-sela MotoGP 2022 San Marino di Misano, antara kehadiran Pangeran Khalid Bin Sultan Al Abdullah Al-Faisal – presiden federasi motorsport dan motor Saudi dan Saudi Motorsport Company – dan direktur eksekutif Dorna, Carmelo Ezpeleta. Sehingga perjanjian itu akan memperluas kehadiran MotoGP di Timur Tengah.

Saudi sendiri telah akan memulai gelaran balap mobil F1 di Sirkuit Jeddah, namun tata letaknya tidak cocok untuk MotoGP. Dikabarkan, Arab Saudi kini tengah membangun Sirkuit khusus GP di Qiddiya.

Berdasarkan perjanjian di atas, Arab Saudi akan menggelar MotoGP setiap tahun di samping kegiatan motorsport lainnya. Ezpeleta mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Sebagai kejuaraan global terkemuka untuk balap sirkuit roda dua, kami sangat senang dengan kesempatan ini bagi MotoGP untuk memperluas jangkauannya di Timur Tengah dengan menambahkan Grand Prix tahunan di Arab Saudi.”

Ezpeleta lebih lanjut menyatakan, “Wilayah ini adalah pasar utama untuk motorsport dan permintaan di Kerajaan untuk acara semacam ini tumbuh dengan penelitian yang menunjukkan bahwa 80% penggemar Saudi ingin melihat lebih banyak di negara mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi telah menunjukkan kemampuannya untuk menggelar acara motorsport utama global dengan standar tertinggi. Penandatanganan Nota Kesepahaman mengkodifikasikan niat bersama kami untuk mengeksplorasi peluang ini lebih lanjut. Kami yakin bahwa kami akan menemukan rumah baru yang menarik dan ramah di Kerajaan dan kami menantikan kolaborasi lebih lanjut dengan Saudi Motorsport Company untuk mewujudkan ambisi bersama ini bersama-sama.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*