BBM Mahal, Begini 5 Trik Hemat Bensin Buat Pengendara Skuter Matik

0

kenali perbedaan premium

  1. Menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai
    Dengan menggunakan bahan bakar yang oktannya sesuai dengan rasio kompresi mesin, pembakaran akan menjadi lebih baik dan lebih irit dibanding dengan bahan bakar yang oktannya lebih rendah. Untuk rasio kompresi lihat saja di buku panduan pemilik.
    Bahan bakar dengan oktan sesuai juga membuat tarikan motor menjadi lebih enteng. Jika rasio kompresi hingga 1:9,2 masih bisa menggunakan bensin beroktan 90 seperti Pertalite, namun jika di atas 1:9,2 maka sudah harus menggunakan bensin beroktan 92 seperti Pertamax.

2. Selalu Perhatikan Kondisi Filter Udara
Filter udara merupakan komponen yang penting dalam motor skuter matik karena filter udara dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar motor skuter matik

3. Service berkala
Melakukan service rutin juga merupakan cara hemat bahan bakar. Dengan service berkala mesin motor akan dicek dan dibersihkan, biasanya teknisi akan mengecek sistem pengapian dan membersihkan filter angin, kedua hal tersebut akan membuat mesin motor menjadi lebih optimal. Selain kedua hal itu motor juga harus diganti oli, fungsinya untuk mengurangi gesekan pada komponen mesin, sehingga bagian mesin tidak mudah aus dan bisa lebih awet.

4. Atur kecepatan dalam berkendara
Mengatur kecepatan kendaraan juga mempengaruhi pembakaran bahan bakar, semakin besar kecepatan semakin banyak pula bahan bakar yang digunakan. Agar bisa hemat atur kecepatan dalam berkendara.

5. Cek Kondisi Tekanan Angin Ban
Kondisi ban yang kempes/kurang angin akan mempengaruhi mesin untuk bekerja lebih keras, dan dengan semakin kerasnya kerja mesin itu mempengaruhi pembakaran bahan bakar yang lebih banyak. Selalu cek kondisi ban setiap minggu untuk mencegah penggunaan bahan bakar yang berlebihan. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here