Cara Merawat Suspensi Up Side Down

0

“Suspensi tipe USD memang saat ini sangat digemari para pengguna sepeda motor terutama pecinta motor sport. Tetapi karena konstruksi dan cara kerjanya berbeda lantas banyak juga yang bertanya bagaimana cara perawatannya dan apakah perlu perawatan secara khusus,” ujar Ade Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motor (DAM).

“Suspensi jenis inverted telescopic ini sebenarnya mirip dengan jenis telescopic biasa, hanya saja posisi tabungnya berada di atas sementara as shock breaker atau front fork pipenya berada di bawah. Pada bagian as shockabsorber ini rentan terkena kotoran maupun benturan dari kerikil-kerikil yang terlempar saat berkendara,” kata Ade.

Berikut cara merawat Suspensi USD :
1. Bersihkan Suspensi Secara Berkala
Bersihkan suspensi dari adanya debu dan kotoran yang menempel secara berkala, cara pembersihannya cukup menggunakan air bersih dan sabun atau shampoo motor dan jangan lupa langsung dikeringkan agar tidak menimbulkan karat.
2. Menggunakan Cover Pelindung Atau Spakbor Yang Menutupi Area As Shock Breaker
Dengan menggunakan cover pelindung atau spakbor yang menutupi bagian as shock breaker, hal ini diharapkan mampu mengurangi potensi kerusakan as shock breaker dari adanya benturan kerikil kerikil yang terlempar oleh ban ketika berkendara

Dengan memperhatikan kebersihan dan menambahkan cover pelindung, maka dapat memperpanjang umur Suspensi. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here