Konsorsium Baterai Sepeda Motor Listrik Swapable Telah Berkembang Menjadi 21 Anggota

0
Konsorsium Swapable Baterai
SBMC Summit di Mattighoffen, Austria Juli 2022. Foto: istimewa

NaikMotor – Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC) telah didirikan September 2021 oleh 4 pabrikan di Eropa. Kini, konsorsium baterai sepeda motor listrik swapable itu telah berkembang menjadi 21 anggota.

Konsorsium baterai swapable didirikan oleh KTM, Honda, Piaggio dan Yamaha tahun lalu. Misinya untuk mempercepat hadirnya pengembangan sistem penukaran baterai berstandar global dan umum.

Ketertarikan pabrikan lain untuk bergabung mengemuka ketika digelar SBMC Summit Juli 2022 di KTM Motohall in Mattighofen, Austria. Saat itu dihadiri setidaknya oleh perwakilan 40 merek.

Acara ini adalah kesempatan yang tepat untuk merefleksikan kemajuan yang dibuat selama semester pertama keberadaan konsorsium, dan untuk mengatur adegan untuk kegiatan mendatang menuju standardisasi.

Dengan visi, strategi dan operasi konsorsium ditetapkan di seluruh anggotanya, komite dan kelompok kerja. Konsorsium dilengkapi dengan alat dan instrumen yang tepat untuk memenuhi ambisinya. Serangkaian spesifikasi teknis yang relevan telah disepakati, dan alur kerja SBMC pada pembuatan prototipe dan standarisasi berhasil dimulai.

Pendekatan konstruktif konsorsium telah memungkinkannya untuk mengatasi tantangan teknis dalam mengembangkan sistem yang saling berhubungan dan kompatibel. SBMC berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuannya seperti yang direncanakan, dan sekarang dapat mengandalkan keahlian terbaik yang tersedia di dunia untuk melakukannya.

Dalam waktu setahun, anggota konsorsium pun meningkat pesat. Ke-21 anggota saat ini adalah: AVL, Ciklo, Fivebikes, Forsee Power, Hioki, Honda, Hyba, JAMA, Kawasaki, KTM, Kymco, Niu, Piaggio, Polaris, Roki, Samsung, Sinbon, Sumitomo, Suzuki, Swobbee, Vitesco, VeNetWork, dan Yamaha. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here