Vespa Super yang Tak Lekang oleh Waktu Sejak 1960-an

0
Vespa Super
Vespa Super 1975 milik IG;amegakrisna

Vespa 150 Super (1968-1979) generasi selanjutnya dari varian vespa super. Model generasi ini mulai dirakit di dalam negeri (PT Dan Motors), berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih harus impor agar dapat membeli skuter tersebut. Vespa Super generasi ini yang paling banyak terlihat di jalanan. Masih sama dengan generasi sebelumnya mesinnya  berkapasitas 150cc 2-tak.

Pada generasi ini juga banyak perubahan yang dilakukan, mulai dari perubahan pada batok dan lampu depan yang menjadi Trapesium, mika lampu belakang juga berubah menjadi kotak, sampai logo Piaggio diubah dari logo “P Coret” menjadi logo Piaggio seperti kartu sekop. Vespa Super generasi ini juga sangat mirip dengan model Sprint karena tampilannya yang sama, tapi ada cara untuk membedakannya dengan melihat garis ventilasi di tepong sebelah kanan. Kalau Vespa Super memiliki 5 buah, sementara Sprint memiliki 6 buah, dan Super menggunakan ring roda 8, sprint memakai ring roda 10.

Vespa GTS 150 Super & 300 Super (2008-Sekarang)

Generasi ini merupakan generasi yang terbaru dari Super, seiring berjalannya waktu Vespa Super bangkit kembali dengan desain baru dan transmisi otomatis CVT. Vespa Super generasi ini awalnya hanya ada versi 300cc, namun seiring berjalannya waktu dibuatlah versi kecilnya 150cc. Produksi Vespa Super sekarang sudah pindah ke Vietnam, agar varian 150cc dan 300cc memiliki harga jual yang masih masuk akal.

Dari sisi komunitas Vespa merupakan salah satu komunitas motor terbanyak yang ada di Indonesia dan  dunia. Dengan slogan “Satu Vespa Sejuta Sodara” tiap-tiap pengendara Vespa mempunyai kebiasaan untuk saling tolong menolong sesama pengendara vespa. (Ulwan/Contib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here