Meski Terjebak Macet di Jalan, Begini Biar Tetap Nyaman

0

Macet di Jalan

Berikut tips berkendara sepeda motor saat menghadapi kemacetan,

1. Pastikan kondisi tubuh dan kendaraan dalam kondisi prima. Cek tekanan angin ban, kondisi perangkat pengereman dan mesin, pastikan motor di service secara berkala.
2. Gunakan safety riding gear seperti helm, sarung tangan, sepatu, jaket dan celana panjang, lalu pastikan Anda membawa kelengkapan surat-surat berkendara.
3. Saat berkendara, pastikan kondisi tubuh rileks, posisi bahu dan tangan juga rileks tidak kaku. Jika posisi tangan kaku, akan menyulitkan pengendara untuk berbelok dan tubuh terutama di area leher akan cepat terasa lelah.
4. Dalam menembus kemacetan dengan kecepatan rendah, gunakan lebih banyak porsi rem belakang untuk membantu menyeimbangkan motor dan juga menjaga kecepatan motor. Penggunaan rem belakang saat kecepatan rendah akan dirasakan lebih halus sehingga memudahkan pengendara untuk menjaga keseimbangan.
5. Operasikan gas secara halus sehingga tidak menyentak saat berada di kemacetan.
6. Hindari memaksakan masuk di antara kendaraan lain yang bercelah sempit baik lurus maupun berbelok ini potensi terjepit.
7. Bila tubuh sudah terasa lelah, ada baiknya berhenti sejenak untuk istirahat, setelah siap lanjutkan perjalanan kembali. (Ulwan/Contrim/NM)

LEAVE A REPLY