Suzuki RE5 Bermesin Rotary, Inovatif Tapi Diacuhkan Pasar

0

Suzuki RE5 1974

Pada awal desain prototipe Suzuki menampilkan mesin dengan kapasitas mesin 1.000cc, namun pada pengembangan mesin mereka bermasalah pada regulasi. Sehingga RE5 dihadirkan dengan mesin single rotary berkapasitas 498cc berpendingin oil/liquid dengan rasio kompresi 9.4:1, dengan kapasitas tangki 16,8L motor ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal hingga 176km/jam. Mesin ini mengonsumsi bensin setidaknya 1L untuk menempuh 13,3 km.

Desain RE5 ini sekilas mirip dengan motor 2-Tak Suzuki T500 Titan, namun pada instrumen panel dan lampu belakang yang berbentuk silinder mengusung tema rotary engine, membawa tampilan yang berbeda dari yang lain, serta penambahan pelindung panas pada knalpot.

Pada masa penjualannya motor ini sangat menarik para peminat sepeda motor inovatif, namun tidak banyak dari mereka yang membeli motor ini. Boleh jadi karena ini adalah sebuah mesin inovasi baru, dan ditambah konsumsi bensin yang boros.

Suzuki telah menginvestasikan banyak untuk proyek tersebut dan telah membangun seluruh lini perakitan baru untuk mesin rotary. Tetapi, mesin inovatif ini tetap tidak menarik penjualan mereka. (Alvito/Contrib/NM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here