Merawat Lampu Rem Sepeda Motor, Meski Letaknya di Belakang Tapi Vital

0
Merawat Lampu Rem Sepeda
Merawat lampu Rem Sepeda menjadi krusial. Foto: istimewa

NaikMotor – Lampu rem meski di posisi belakang tetapi fungsinya penting sebagai pemberi sinyal berhenti dan penanda. Sehingga merawat lampu rem sepeda motor menjadi krusial.

Lampu rem atau Brake Lamp adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain di belakang. Saat pengendara melakukan pengereman dengan menarik atau menginjak tuas rem, maka lampu rem akan menyala sehingga pengendara di belakang mengetahui bahwa kendaraan di depannya sedang melakukan Pengereman.

Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rochman mengatakan bahwa satu kewajiban bagi setiap pemilik sepeda motor untuk selalu melakukan pemeriksaan dan perawatan lampu remnya demi terciptanya keselamatan berkendara di jalan raya. Dengan demikian, potensi terjadinya kecelakaan tertabrak dari belakang bisa dihindari.

Seiring waktu pemakaian saat berkendara, lampu rem motor bisa saja tidak berfungsi atau mati. Penyebabnya beragam, mulai dari lampu putus akibat usia pakai, gangguan tegangan listrik atau akibat kerusakan pada area rumah lampu dan sistem kelistrikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here