Baca Kode Ban Motor, Agar Tidak Salah Memilih

0

Baca Kode Ban Motor

Wahana Honda memberikan cara-cara untuk membaca kode ban agar tidak salah dalam memilih ban yang tepat. Sebelum memilih ban, simak arti kode ban motor berikut ini yang mungkin bisa menjadi panduan kamu saat membeli ban.

Jenis Kode Ban
Ada dua jenis kode ban untuk sepeda motor, yakni metric dan imperial. Ulasan kali ini akan fokus kepada kode ban motor metric yang cukup banyak beredar di pasaran.

Ukuran Lebar
Misalnya, pada ban depan Honda BeAT tertera kode 80/90-14 M/C 41P. Artinya, angka 80 di depan menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter (mm), sedangkan angka 90 merupakan persentase perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya, yang biasa disebut aspect ratio. Bila lebar ban 80 mm, berarti perbandingannya adalah 90% x 80 = 72 mm.

Jenis Ban
Kode M/C (Medium Compound) memberikan informasi tentang jenis ban yang digunakan. Angka 14 yang tertera menunjukkan besar ring pelek dalam ukuran inchi dan angka 41 menunjukkan beban maksimal yang dianjurkan dalam load index.
Jika dikonversi, ban tersebut mampu membawa beban maksimal 150 kilogram.

Kecepatan Ban
Kemudian adalah kode P, berguna untuk mengetahui kecepatan maksimal yang bisa ditempuh ban. Pada speed index, ban berkode P didesain untuk menempuh kecepatan maksimal 150 km/jam

Kode Unik
Setelah itu, ban juga memiliki kode angka, contohnya 2422. Angka itu menunjukkan bahwa ban diproduksi pada minggu ke 24 tahun 2022.

Selain memahami arti kode ban, tetap harus juga melihat kualitasnya. Ban dengan kualitas tinggi memiliki bahan yang kuat serta daya cengkeram bagus. Pastikan membeli ban motor di tempat yang terpercaya. (Ulwan/Contrib/NM)

Baca Kode Ban Motor Baca Kode Ban Motor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here