Begini Bermotor di Musim Hujan

0

Bermotor di Musim Hujan

Untuk menurunkan risiko kecelakaan yang dapat terjadi saat musim hujan, Yamaha Riding Academy (YRA) Jawa Tengah memberikan beberapa tips bermotor di musim hujan sebagaimana berikut:

1. Disarankan memakai jas hujan model setelan (baju dan celana), hindari menggunakan jas hujan model ponco karena dapat terlilit pada roda motor, menutupi lampu belakang, ini dapat membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

2. Gunakan helm dengan kaca yang terang/clear visor, kaca helm/visor yang terang tidak akan mengganggu atau mengurangi visibilitas pandangan berkendara dalam kondisi hujan terutama saat malam hari. Jika punya dana lebih, kaca helm dapat dipasang pinlock.

3. Selalu jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika hujan, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga jarak pengereman akan lebih panjang.

4. Gunakan kecepatan yang aman, hindari penggunaan kecepatan yang terlalu tinggi, ini akan membuat motor lebih sulit dikendalikan.

5. Operasikan motor lebih halus saat akselerasi maupun pengereman, penggunaan yang kasar dapat mengakibatkan ban mudah slip dan terjatuh.

6. Jika hujan sangat lebat disertai angin kencang, lebih baik berteduh sampai kondisi baik baru melanjutkan perjalanan.

Itulah beberapa tips yang diberikan Yamaha Riding Academy. Selalu hati-hati saat berkendara dalam keadaan hujan, selalu ingat bahwa keselamatan nomor satu. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here