8 Komponen Skuter Matik Yang Wajib Diganti Secara Berkala

0

Dalam merawat skuter matik ada komponen-komponen penting yang harus wajib diganti secara berkala. Berikut ini 8 komponen skuter matik yang wajib diganti secara berkala:

Ban
Ban memang tidak mempengaruhi kerja mesin, tetapi akan mempengaruhi keselamatan pengguna.  Ban yang sudah aus pasti memperbesar risiko mudah tergelincir. Perhatikan pattern dan tekstur ban. Pastikan menggantinya paling tidak tiga tahun sekali atau batas maksimal pemakaian 40.000 km.

Oli
Oli mesin termasuk komponen motor matik yang wajib diganti berkala. Oli menjadi komponen penting sebagai pelumas mesin.  Tanpa pelumas, pastilah motor tak bisa berjalan karena kerja mesin terhambat. Selain sebagai pelumas, oli juga memiliki peran sebagai pendingin sepeda motor. Pilihlah kekentalan oli yang disesuaikan dengan spesifikasi motor matik. Lakukan penggantian oli setiap 2000 km sekali, namun lebih baik diganti setiap bulan.

Busi
Peran  utama busi adalah sebagai komponen utama pengapian motor matik yang berfungsi untuk memercikkan api atau melakukan pembakaran.  Dan pembakaran dilakukan dengan mencampur udara dan bahan bakar. Busi merupakan komponen motor matik yang sangat vital. Pabrik motor juga merekomendasi untuk mengganti busi setelah menempuh perjalanan sejauh 20.000 km sampai 50.000 km.

Aki
Aki berperan mengatur kelistrikan skutermatik. Jadi, cukup wajar jika aki masuk komponen motor yang perlu diganti secara berkala.  Skuter matik pasti akan mogok jika aki bermasalah dan tidak segera diganti. Aki yang terawat dan normal, pasti akan membuat motor matik bekerja dengan maksimal. Aki skuter matik biasanya bertahan  sepanjang 3-4 tahun, ini  juga sangat bergantung pada pemakaian motor. Apalagi skuter matik menggunakan aki basah, pastikan kondisi airnya stabil. Siasati dengan lebih rajin mengecek kondisi aki setiap bulan.

Lampu
Ini terdengar sangat sepele dan bukan masalah serius. Sebab lampu tidak mempengaruhi kerja mesin motor. Padahal lampu sebenarnya termasuk komponen motor matik yang harus diganti secara berkala. Lampu yang mati pasti akan mempengaruhi pengguna sepeda motornya. Taruhannya nyawa dan sangat berisiko membahayakan keselamatannya di jalan saat menggunakannya. Pastikan untuk mengganti lampu setiap 1.5-2 tahun sekali.

Kampas Rem
Kampas rem yang sudah aus akan mempengaruhi kinerja skuter matic dan dapat berbahaya digunakan jika remnya tak berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan pada kaki-kaki kendaraan. Komponen ini biasanya memiliki usia pakai yang pendek. Misalnya saja seperti tie rod, suspensi, dan bushing.

Filter
Filter skuter matik yang bermasalah akan bisa merusak skuter matik secara perlahan-lahan. Filter ini  adalah filter udara, filter oli, filter bahan bakar dan filter pendingin kabin kendaraan yang rata-rata  usianya pendek  dan harus diganti ketika sudah mencapai 5.000 km, 10.000 km, 20.000 km, dan 50.000 km.

Van Belt
Ini disebut sebagai komponen penunjang dalam performa skuter matik. Tak heran jika van belt termasuk komponen motor matik yang harus diganti secara berkala. Apalagi debu pada filter udara saat motor sedang berjalan akan sangat mempengaruhi usianya. Siapkan dana untuk mengganti  v-belt setiap  perjalanan sudah menempuh 25.000 km.

Itulah beberapa komponen yang harus diganti secara berkala yang di sarankan oleh Wahana Honda Jakarta. Ingat selalu untuk merawat kendaraan selalu, agar tetap optimal, performanya tetap bagus, dan juga akan membuat umur kendaraan lebih panjang. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here