Ini Maksud Bendera Hitam dengan Bulatan Oranye di MotoGP

0

Bendera Hitam Bulatan Oranye

Mike Webb, Direktur Balap MotoGP, menjelaskan pentingnya bendera ini, yang tidak seaktif bendera kuning atau kotak-kotak. “Itu berarti motornya mengalami masalah teknis. Jadi kami memberi sinyal kepada Pembalap ada yang tidak beres dengan motor mereka. Demi keselamatan, yang bersangkutan harus meninggalkan trek secepat mungkin.”

Webb mencontohkan, “Hal yang paling khas adalah mungkin asap yang keluar dari motor. Dan kami khawatir dengan kerusakan mesin, mungkin kebocoran oli, atau diperkirakan demikian. Jadi kami memberi isyarat kepada Pembalap di setiap pos marshall dengan nomor Pembalap, agar dia tahu. Dan aturannya adalah, Pembalap harus meninggalkan trek sesegera mungkin. Hindari lajur balap dan berhenti. Mereka hanya diizinkan untuk memulai lagi jika Marshall telah memeriksa motornya dan memastikannya baik-baik saja. Jadi itu adalah hal keamanan untuk masalah teknis.”

Bendera itu ternyata bukan tanpa konsekuensi jika diabaikan, Webb menegaskan, “Jika Pembalap tetap berlanjut, kami akan mengeluarkan bendera hitam. Itu artinya Pembalap tersebut didiskualifikasi. Sebab, bisa saja, dalam kasus terburuk, adalah jika motor itu mengalami kebocoran cairan di lintasan. Ini membahayakan.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY