MotoGP 2022 Valencia, Balapan dan Kemenangan Terakhir Suzuki

0
Suzuki Keluar Lagi
Suzuki Ecstar MotoGP 2022 diperkuat Joan Mir dan Alex Rins. Foto: istimewa

Catatan Perjalanan Tim Suzuki ketika kembali ke MotoGP:
2014: Mulai mengikuti tes resmi MotoGP sejak 2013, namun belum mengikuti kejuaraan. Pada 2014 mulai menggunakan ‘wild card’, dengan Pembalap Aleix Espargaro.
2015: Musim penuh pertama kembali bertepatan dengan peringatan 30 tahun GSX-R1000 yang legendaris dan livery retro, dengan Pembalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. Hasilnya Top 10 di beberapa seri dan masing-masing ke-11 dan ke-12 di klasemen kejuaraan.
2016: Kemenangan MotoGP pertama Tim Suzuki Ecstar oleh Maverick Vinales di Silverstone.
2017: Tim diperkuat Andrea Iannone dan rookie MotoGP Alex Rins. pembalap penguji, Sylvain Guintoli dan Takuya Tsuda. Hasilnya beberapa finis tempat keempat tercapai.
2018: Suzuki meraih sembilan podium dengan Rins yang lebih percaya diri. Podium MotoGP pertamanya di Argentina, dan Iannone melakukan beberapa perjalanan yang mengesankan – terutama di Texas di mana ia mengenakan Stetson di podium.
2019: Diperkuat Alex Rins dan Joan Mir. Rins sempat menaklukkan Marc Marquez di seri yang mendebarkan di Silverstone.
2020: Catatn terbaik tim Suzuki, dengan Pembalap Alex Rinsa dan Joan Mir. Di 2020, Mir yang konsisten dan kedewasaan sepanjang tahun untuk dinobatkan sebagai Juara Dunia MotoGP dan menempatkan Suzuki kembali dalam sorotan setelah 20 tahun. Ditambah Rins yang menduduki posisi ke-3 klasemen tahun itu. Membuat istimewa karena pabriknya merayakan 100 tahun pendiriannya, dan 60 tahun di dunia balap.
2021: Tim kurang beruntung tahun itu, Rins mengalami tahun yang sulit, meskipun tempat kedua di Silverstone. Mir mencatat enam podium sepanjang tahun, dan konsistensinya membuatnya menempati posisi ketiga dalam klasemen pada akhir musim.
2022: Bendera terakhir. Tak perlu dikatakan bahwa puncak tahun ini bagi kami adalah kemenangan terakhir Suzuki yang menyentuh hati dan menggugah pikiran Rins di Valencia – hadiah fantastis untuk kerja keras dan kemauan keras yang ditunjukkan oleh tim. Rins mengulang raihan teratas di Australia. Mir juga menampilkan banyak penampilan yang berani dan penuh tekad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here