Prediksi MotoGP Qatar 2016 oleh Matteo Guerinoni

0
Matteo-MotoGP_Qatar_2016
Matteo Guerinoni memberikan prediksinya menjelang bergulirnya MotoGP 2016 seri perdana di Qatar. Foto: Dok.Pribadi

Jakarta (naikmotor) – Perjalanan MotoGP 2016 akan mengawali babak baru dengan beberapa regulasi teknis yang membuat jalannya lomba akan berlangsung menarik. Matteo Guerinoni, mantan pembalap Superbike dan juga komentator MotoGP memberikan prediksinya menjelang balapan pada akhir pekan ini di Losail Qatar.

Bicara soal kualifikasi di MotoGP Qatar 2016, saya tetap menjagokan Lorenzo untuk pemegang pole position, baru setelah itu Marquez, Vinales dan Rossi. Lorenzo masih paling strong kalau bicara single lap. Anda tahu? Yamaha adalah motor paling balance sekarang ini. Susah dilawan.

Sementara Marquez pasti akan habis-habisan akan ride di atas masalah Honda. Untuk satu lap saja, Ia bisa melakukannya.

Sedangkan Vinales saya unggulkan bisa di depan juga karena punya keuntungan menggunakan ban extrasoft dan dari hasil tes selama ini, Vinales memang kencang.

Kalau soal Rossi, Ia harus mengatasi masalah pribadi dengan kualifikasi. Kalau soal pace race, saya tidak meragukannya.Karena itu minimal harus start dari posisi depan dekat dengan Lorenzo.

Ducati? Mmm..feeling saya hanya bisa masuk top 8, mungkin Redding bisa masuk 6 besar. Pokoknya di bawah podium.

Bicara soal performa motor, Yamaha paling siap melihat dari hasil pretest sebelumnya. Yamaha masih pake frame 2015 dengan mesin 2016 hasil dari evolusi tahun kemarin. Frame Yamaha 2016 pakai 2 liter tank di belakang dan  beratnya beda sekali plus lebih rigid. Rossi dan Jorge tidak suka dengan frame ini dan bilangnya no feeling with the front kalau pakai ban Michelin.

Lalu soal Honda, selama ini masih mengandalkan abilities atau potensi dari Marquez, not because of the bike. Ban Michelin perlu mendapat rolling speed and in the middle of the corner, kalau lagi rebah sampai 60 derajat perlu smooth engine open the throttle properly.

Meski rotasi crankshaftnya sudah kayak Yamaha,namun Honda masih liar.Jadinya harus bereskan mesin yang sesuai dengan ECU baru, nah  setelah itu work on the frame. PR nya masih banyak di Honda.

Sedangkan Ducati lebih baik, mereka memakai kombinasi frame baru dengan yang lama. Bagian depan frame Ducati baru dan belakangnya 2015. Kalau soal ECU, mereka sudah tahu banget, karena dari sejak dulu pakai Magneti Marelli.

Bicara Suzuki juga sebenarnya masih bermasalah dengan frame baru.Mereka akan pakai yang lama tapi dengan mesin baru lebih powerfull plus seamless gear. Semua frame baru tampaknya lebih rigid, makanya mereka pakai yang lama. Kenapa dibuat rigid? Karena waktu pertama kali tes ban di Valencia mereka mengerti bahwa dengan ban tersebut perlu frame lebih rigid. Masalahnya adalah, di tes berikutnya Michelin bikin ban baru..hahahaha…jadi kacau.

Sebenarnya agak susah juga membuat prediksi tanpa melihat free practice atau kualifikasi. Namun, prediksi saya untuk MotoGP Qatar, kualifikasi Lorenzo, Marquez dan Vinales. Kalau race bisa jadi Rossi, Lorenzo dan Marquez. Rossi still stronger than ever.

Kalau Moto2, saya masih pilih tiga rider terbaik, Alex Rins, Sam Lowes dan Lorenzo Baldassari. Lowes memiliki pace yang bagus di sesi pramusi selain Alex Rins yang juga tampil konsisten. Jadi tiga rider tersebut memiliki  peluang juara. Matteo Guerinoni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here