3 Langkah Perawatan Rem Cakram Agar Pakem

0
Perawatan Rem Cakram
Perawatan Rem Cakram agar bekerja optimal. Foto: istimewa

NaikMotor – Meski lebih mudah dalam perawatan, rem cakram tetap perlu perhatian. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan soal rem cakram.

Rem cakram merupakan sistem pengereman yang tersusun dari berbagai macam material, salah satunya logam. Piringan logam atau piringan cakram berfungsi untuk memberikan gaya gesek agar dapat menahan laju kendaraan.

Rem adalah suatu alat yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Karena gerak roda diperlambat, secara otomatis gerak kendaraan menjadi lambat. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya berubah menjadi panas karena lecet.

Pada umumnya terdapat 2 tipe sistem pengereman yang digunakan pada sepeda motor yaitu rem tromol (drum brake) dan cakram (disc brake). Kedua sistem pengereman tetap menggunakan prinsip gesekan, dan gesekan tersebut dapat menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem berat, terutama pada jalanan yang menurun atau digunakan dalam kecepatan tinggi, bisa menyebabkan panas yang berlebihan pada cakram.

Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Karena itu komponen pengereman harus dalam keadaaan prima dan dirawat secara berkala, agar tidak cepat rusak. Jika cakram menghasilkan panas berlebih jangan disiram menggunakan air karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here