Pemotor : Waspadai Risiko Terkena Penyakit di Musim Hujan

0
Penyakit Musim Hujan
Berkendara di musim hujan berisiko terkena penyakit. Foto: istimewa

NaikMotor – Musim hujan menjadi musim yang merepotkan bagi pengendara sepeda motor. Selain risiko bahaya berkendara meningkat, risiko terkena penyakit di musim hujan juga besar. 

Musim hujan seperti sekarang ini membuat tubuh rawan terserang penyakit. Sangat penting menjaga kesehatan saat berkendara karena dengan kondisi rentan, tentu akan mengganggu aktivitas dan sangat berisiko saat perjalanan berkendara.

Sebagai pengendara motor agar tetap sehat, aman dan nyaman, perlu untuk memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Higienis Sepanjang Waktu, saat musim hujan, kuman dan bakteri berkembang lebih leluasa karena kelembapan tinggi. Itulah mengapa tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Selain itu, tangan adalah media paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Termasuk mengendarai motor seharian, membuat tangan menjadi tidak higienis. Pastikan untuk mencuci tangan, begitu tiba di rumah, atau setiap kali usai menyentuh barang atau objek seperti setang motor.

Siapkan Selalu Jas hujan, di dalam jok motor, selalu siapkan jas hujan. Agar lebih aman, gunakan jas hujan yang bertipe baju (bukan ponco). Jangan malas membilas an mengeringkan jas hujan, setiap kali selesai digunakan. Jas hujan yang tidak dikeringkan dengan baik, akan menjadi lembap dan menimbulkan bau tidak sedap ini juga tidak sehat untuk tubuhmu.

Segera Mandi Setelah Kehujanan, penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh mengalami perubahan suhu secara drastis. Ketika tubuh dalam kondisi basah terkena air hujan, sebaiknya segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat mengeringkan tubuh, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

Atur Kecepatan Melaju, saat hujan turun, tidak perlu ngebut. Saat melakukan pengereman, gunakan rem belakang, lanjutkan dengan rem depan secara perlahan. Ini sebagai upaya menghindari selip ban.

Jangan Menerobos Genangan air, jalan yang berlubang akan tidak terlihat ketika hujan, karena sudah tertutup genangan air. Sebaiknya jangan asal tabrak genangan air demi menghindari kecelakaan akibat lubang di jalan.

Pakai Jaket atau Baju Hangat dan Boots & Celana panjang, pakaian yang anda kenakan juga akan memengaruhi kesehatan di musim hujan, gunakan baju tebal dan hangat akan menjaga tubuh dari udara dingin. Serta sepatu boots agar lebih aman karena kondisi jalan yang licin.

Nyalakan Lampu Depan saat hujan lebat, nyalakan lampu depan motor agar pengendara lain dapat melihat keberadaan dari kaca spion.

Berteduh, jika hujan turun lebat disertai angin dan petir, jangan memaksakan untuk tetap mengendarai motor. Berteduhlah dahulu hingga hujan agak reda dan cukup aman untuk melanjutkan perjalanan.

Demikian tips-tips untuk meminimalisir risiko terjadinya gangguan kesehatan dan kecelakaan saat berkendara di musim hujan. Semoga bermanfaat dan selalu safety ride. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here