Hasil Moto3 Qatar: Niccolo Antonelli Raih Kemenangan Tipis

0
Antonelli-Wins-Moto3_Qatar
Niccolo Antonelli pembalap Italia memenangi seri perdana Moto3 Qatar 2016. Foto: Dorna Moto3

Losail (naikmotor) – Kelas balap Moto3 sangat identik dengan pertarungan ketat para pembalap yang berlaga di kelas itu. Meski bisa menjaga konsistensi, namun jika tak berani melakukan manuver ekstrim atas rival-rivalnya, maka kemenangan takkan terjadi. Di putaran perdana Moto3 Qatar hari ini Minggu (20/3/2016), Niccolo Antonelli berhasil keluar sebagai pemenang.

Manuver terbaik saat melakukan slip streaming pada pembalap di depannya ternyata cukup ampuh. Ketika mendapat momentum untuk berakselerasi lebih baik, Ia pun memisahkan diri dari rombongan yang kebanyakan mengambil jalur sebelah kanan. Ia mengambil jalur kiri dan lebih dulu menyentuh garis finish atas Brad Binder dengan selisih 0,007 detik.

Selisih waktu yang sangat tipis ini menjadi tanda betapa pertarungan para pembalap di kelas ini cukup ketat. Binder yang berulang kali berada di urutan terdepan saat keluar dari tikungan terakhir, pun harus mengakui bahwa di trek lurus di Qatar ini bukan perkara siapa yang keluar dari tikungan di posisi pertama. Namun pembalap yang lebih jago mengambil angin dari lawan-lawannya.

Namun yang menarik dari balapan kelas dengan kapasitas motor terkecil itu adalah kali ini didominasi oleh para pembalap asal Italia. Terdapat 5 nama di yang sama-sama terlihat tampil kompetitif. Di antaranya adalah Antonelli sendiri sebagai pemenang, Francesco Bagnaia di urutan ketiga, Romano Fenati yang juga sempat memimpin balapan, kemudian Enea Bastiannini dan Niccolo Bulega. Semuanya tampil sangat kompetitif.

Sementa para pembalap asal Spanyol yang biasanya tak pernah absen di 5 besar, kali ini banyak melakukan kesalahan. Seperti Jorge Navarro yang awalnya juga bersaing di 5 besar, malah tertinggal di pertengahan balapan.

Pembalap lain yang menarik perhatian adalah Livio Loi. Pembalap rookie di 2015 ini sekarang benar-benar bisa bersaing di urutan terdepan. Kendati sempat tertinggal dari grup terdepan di pertengahan balapan, namun Ia berhasil mengejar ketertinggalan dan ikut bertarun meraih hasil bagus. Sayangnya, Ia masih kalah strategi slipstreaming dari Navarro dan hanya bisa mengamankan posisi finish di urutan 8. (Spy/NM)

Hasil balap Moto3 Qatar:
1. Niccolò Antonelli ITA Ongetta-Rivacold Honda 38m 12.161
2. Brad Binder RSA Red Bull KTM Ajo KTM +0.007
3. Francesco Bagnaia ITA ASPAR Mahindra Team Moto3 Mahindra +0.148
4. Romano Fenati ITA SKY Racing Team VR46 KTM +0.435
5. Enea Bastiannini ITA Gresini Racing Moto3 Honda +0.606
6. Nicolo Bulega ITA SKY Racing Team VR46 KTM +0.625
7. Jorge Navarro SPA Estrella Galicia 0,0 Honda +0.674
8. Livio Loi BEL RW Racing GP BV Honda +1.710
9. Philipp Oettl GER Schedl GP Racing KTM +8.611
10. Jakub Kornfeil CZE Drive M7 SIC Racing Team Honda +10.947

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here