Begini Cara Melintasi Genangan Air di Jalan

0
Melintasi Genangan Air
Saat hujan, cermati genangan air di jalan. Foto: istimewa

NaikMotor – Musim hujan masih melanda, terkadang dengan curah tinggi disertai angin, jalanan pun tergenang. Pengendara pun harus waspada saat melintasi genangan air di jalan.

Genangan air di jalan membuat pengendara roda 2 harus ekstra berhati-hati saat melintasinya. Dalam hal ini PT Wahana Makmur Sejati (WMS) main dealer Honda Jakarta-Tangerang memberikan tips cara mengendarai sepeda motor pada saat melintasi genangan air.

Gaya berkendara perlu disesuaikan, karena kondisi jalan basah membuat daya cengkram ban menjadi kurang maksimal. Biar tetap selamat dalam berkendara perlu menyesuaikan kecepatan, atau saat bermanuver. Terutama ketika menemukan jalanan dengan genangan air yang cukup tinggi.

Setiap motor memiliki posisi mesin berbeda-beda, sehingga jika dipaksakan melintasi genangan air hingga ambang batas dikhawatirkan bisa terjadi kerusakan.

Langkah pertama yang perlu diketahui sebelum berkendara di musim hujan adalah pastikan kondisi motor dalam kondisi prima.

Motor yang nyaman digunakan adalah ketika kondisi mesin dan rem baik serta kondisi ban dalam kondisi baik, alur ban tidak botak dan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Dan wajib mengurangi kecepatan sebelum melewati genangan air. Gunakan rem depan dan belakang secara halus, agar mengurangi resiko selip saat melakukan pengereman di jalur yang basah.

Posisikan tubuh, tangan dan bahu selalu rileks agar apabila melalui genangan dengan kondisi jalanan rusak, keseimbangan tubuh terjaga dan motor tetap terkendali.

Saat melewati jalanan basah, jika menggunakan motor sport posisikan kaki dan lutut menjepit tangki bahan bakar. Jika menggunakan motor bebek atau matik pastikan kaki bisa rapat di dalam dek motor. Posisi ini menjadi penting untuk membantu pengendalian motor.

Hindari cipratan air, atau arus air yang sekiranya dapat mengganggu keseimbangan motor maupun kondisi mesin.

Tetap jaga kesehatan dan keselamatan saat berkendara, apalagi di musim seperti sekarang harus ekstra hati-hati agar tidak gampang sakit dan agar aman di jalan. (Ulwan/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here