Masih Musim Hujan Deras, Begini Persiapan Berkendaranya

0
Persiapan berkendara Hujan Deras
Hujan deras saat berkendara, utamakan cari aman. Foto: istimewa

NaikMotor – Musim hujan masih melanda, terkadang disertai hujan deras. Begini persiapan berkendara jika hujan deras.

Saat hujan tetap Cari Aman selama berkendara sepeda motor di jalan raya. Tidak hanya licin, berikut potensi bahaya hujan pagi pengendara motor dan sikap yang perlu diambil menghadapinya.

“Musim hujan merupakan satu kondisi yang memaksa pengendara ekstra hati–hati karena banyak faktor internal dan eksternal yang mengintai keselamatan pengendara roda dua,” jelas Head of Safety Riding Promotion (SRP), Agus Sani. Instruktur senior Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana makmur Sejati (WMS) ini berbagi tips selamat berkendara di cuaca hujan.

Kesiapan Internal
Kondisi basah sering kali timbulkan keadaan tidak nyaman apalagi saat berkendara. Direkomendasikan gunakan jas hujan jenis baju dan celana bukan ponco agar badan tetap kering dan nyaman. Selain jas hujan, ada juga cover anti basah untuk sepatu di pasaran atau memilih gunakan sepatu anti air. Gunakan helm dengan kaca pelindung bervisibilitas baik saat berhadapan dengan rintik hujan besar dan kecil.

Lengkap melindungi badan, mengecek kondisi motor juga termasuk langkah antisipasi internal berkendara aman di cuaca hujan. Mulai dari sistem rem, lampu lampu, kondisi ban yang mumpuni dengan tekanan angin yang pas. Untuk tekanan angin, ada baiknya mengurangi sedikit tekanan ban dari normal agar ban dapat menapak lebih baik saat ada genangan air.

Baca Juga: Naik Motor di Musim Hujan, Waspadai Oli Mesin Bercampur Air 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here