Semua Sportbike Honda Bakal Aplikasikan Transmisi Kopling Ganda

0
Honda_DCT
Foto: Honda

Malaga (naikmotor) – Honda akan menerapkan teknologi DCT (Dual Clutch Transmission) atau transmisi ganda pada model sportnya. Dengan fitur ini bisa membuat motor menjadi lebih agresif.

Seperti yang diungkapkan oleh engineer DCT Honda Kosaku Takahashi pada media Inggris visordown, saat peluncuran Honda NC750X dan Integra facelift yang memang berfitur DCT di Spanyol.

Saat ini DCT pun diterapkan pada model lainnya, seperti Africa Twin dan VFR1200F. Walaupun belum diterapkan pada Fireblade atau CBR600RR, tetapi di masa depan bisa saja DCT yang didesain untuk sportbike menjadi fiturnya.

Tetapi hambatan terbesar menerapkan DCT pada sportbike adalah ukuran dan bobotnya. Sebab girboks DCT mengaplikasi dua kopling, hingga dimensinya lebih lebar dan berat daripada transmisi konvensional. Dalam bentuk sekarang sistem telah menambah 10 kg pada NC750X dan Africa Twin, tetapi Takahashi-san yakin Honda bisa mengatasinya.

“Jika dua motor balap yang identik dan bobotnya sama, tetapi salah satunya menggunakan DCT maka ia yang akan lebih cepat. Sebab cara kerjanya yang tanpa jeda akan mengurangi hilangnya torsi akibat perpindahan gir. Bahkan jika RC213V dilengkapi DCT maka ia akan lebih cepat dibandingkan model yang kini dilengkapi seamless-shift gearbox, ” klaimnya.

Tetapi Takahashi enggan menyatakan lebih lanjut soal progress dan apa yang telah dilakukan dalam merancang DCT untuk sportbikenya. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here