Format Balap MotoGP 2023 dengan Sprint Race, Jadwal Seri Berubah

0
Format Balap MotoGP 2023

NaikMotor – Format Balap MotoGP 2023 berubah dengan adanya Sprint Race. Sebagai era baru untuk MotoGP mendatang, berikut format balap akhir pekan GP itu yang diawali di seri Portugal, (24-26/3/2023).

Aksi trek pertama dimulai pada hari Jumat seperti biasa dan, seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, berisi dua sesi latihan untuk setiap kelas, sekarang disebut P1 dan P2. Di Moto2 dan Moto3, dua sesi ini akan diperhitungkan untuk kualifikasi selain sesi Sabtu pagi, yang disebut P3. Namun, ada sedikit perbedaan di MotoGP.

Hasil kelas premier akan menentukan siapa yang lolos ke Q2 secara otomatis, dan siapa yang harus turun di jalur Q1. Kualifikasi akan berlangsung pada Sabtu pagi, mulai pukul 10:50 untuk MotoGP, setelah sesi Latihan Bebas selama 30 menit, dan hasilnya akan menentukan posisi start di grid untuk MotoGP Sprint, dan balapan penuh hari Minggu.

Di hari Sabtu, Pembalap MotoGP hanya memiliki waktu istirahat sepuluh menit antara P3 dan sesi kualifikasi. Setelah itu, sesi kualifikasi Moto3 dan Moto2 berlangsung dan hari diakhiri dengan balapan sprint MotoGP.

Hari Minggu bisa dibilang identik, meski pemanasan sekarang hanya untuk MotoGP, diikuti oleh parade penggemar MotoGP. Jadwal balapan Moto3 dan MotoGP tidak berubah, namun balapan Moto2 dimajukan lima menit. (Afid/nm)

Baca Juga: Kalender MotoGP 2023, Seri Indonesia di Bulan Oktober 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here