5 Langkah Perawatan Vespa, Agar Silaturahmi Lebaran Lancar

0

Cek Kondisi Lampu-lampu

Mudik menggunakan Vespa Matik tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi jika kampung halaman Scuteris berada di titik terjauh pulau Jawa. Oleh karena itu, sudah seharusnya Para Scuteris memperhatikan sektor penerangan. Baik lampu siang, malam, sein, maupun lampu rem haruslah berfungsi secara optimal demi keselamatan berkendara pada malam hari.

Cek Kondisi Filter Pelumas, Filter Udara

Filter oli vespa matik harus dicek, dibersihkan atau diganti secara berkala. Masalahnya masih banyak yang belum tahu juga kalau motor matic punya filter oli yang harus dicek atau diganti secara berkala.

Karena kotoran hasil sirkulasi oli biasanya akan menumpuk di area filter oli ini, disarankan tiap satu tahun atau maksimal kelipatan 10 ribu km pemakaian cek dan bersihkan filter oli ini. Kalau dibiarkan kotor terus nanti kotoran akan bercampur ke oli baru dan mengurangi kemampuan pelumasannya, Saat pelumasan tidak berjalan maksimal bikin gesekan antara komponen menjadi lebih tinggi dan mempercepat keausan komponen.

Filter udara memiliki peranan penting dalam proses pembakaran di dalam mesin. Komponen ini sendiri berfungsi sebagai penyaring udara dari kotoran atau debu yang akan masuk ke ruang bakar. Apabila filter udara tidak dilakukan perawatan secara berkala, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada motor akan terasa boros.

Periksa Kondisi Suspensi, Rem dan Ban

Jalanan yang dilalui mungkin tidak seluruhnya mulus. Untuk itu, pemeriksaan pelek, Kondisi ban, hingga shock absorber perlu dilakukan.

Komponen rem ini memiliki tugas cukup berat terlebih ketika jalanan macet. Untuk itu, periksa bagian rem ini mulai dari selang rem, kanvas rem, oli rem, hingga ketegangan kabel rem.

Terakhir adalah cek kondisi tekanan ban, standar ukuran tekanan angin untuk ban Vespa matik adalah 30-33 psi, jadi jangan sampai melampaui batas. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here