Perempuan Wajib Paham! Begini Cara Cek Oli Sepeda Motor Tunggangannya

0

Tips Kendaraan, Wahana Honda, Perempuan, Tips Aman Berkendara

Dinginkan Mesin
Pengecekan terhadap oli motor, sebaiknya dilakukan dalam keadaan dingin. Sehingga seluruh oli yang berada pada bagian mesin bisa berkumpul menjadi satu, dan diketahui tinggi permukaan oli yang sebenarnya.

Hati-hati Buka Tutup Oli
Kondisi oli dapat dilihat dengan membuka tutup tempat oli menggunakan tang. Alat ini biasanya rentan menyebabkan kerusakan pada tutup oli apabila dilakukan dengan tidak hati-hati. Apabila tutup oli rusak kemungkinan oli akan mengalami kebocoran.

Kenali Dipstick
Tutup oli motor biasanya dilengkapi sebuah stik yang diberi nama dipstick. Melalui alat ini, akan diketahui seberapa banyak oli mesin berkurang atau menyusut. Sebelum menggunakan dipstick sebaiknya bersihkan dipstick dengan tissue, atau lap bersih.

Periksa Ketinggian Oli
Dengan melihat permukaan oli motor, bisa diketahui apakah oli motor masih cukup aman dipakai, atau harus segera ditambah, atau malah harus diganti.

Cara mengecek oli motor apakah masih aman digunakan atau tidak, bisa dilihat dengan menggunakan dipstick tersebut. Indikator yang terdapat pada dipstick adalah upper level yang menunjukkan volume oli masih berada di atas garis normal sehingga masih aman dan cukup untuk digunakan. Sedangkan alat ukur lainnya adalah lower level. Apabila oli berada di bawah garis ini, oli harus ditambah atau diganti.

Selain memperhatikan ketinggian permukaan oli, sebaiknya juga diperhatikan warna oli motor. Oli masih bisa digunakan bila warnanya bening kecokelatan. Apabila berwarna hitam, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. (Fernando/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here