Simak Rekomendasi Tekanan Angin Ban Motor yang Ideal

0
Simak Daftar Tekanan Angin Ban Motor Ideal Oleh Wahana
Perlunya-Memerhatikan-Tekanan-Angin-Ban. Foto : istimewa

NaikMotor – Main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) melalui websitenya menginformasikan tekanan angin ban sepeda motor yang kerap kali tidak menjadi perhatian bagi para pengguna roda dua.

Ban merupakan bagian penting dari sepeda motor yang berfungsi mengurangi getaran disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan. Ban juga melindungi serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.

Sebagian besar ban yang ada pada kendaraan bermotor diproduksi dari karet sintetik, walaupun dapat juga digunakan dari bahan lain seperti baja. Ban merupakan komponen yang vital pada sepeda motor, sehingga perlu dirawat dan dijaga kondisinya agar tetap mampu bekerja dengan baik.

Salah satu cara paling mudah dalam merawat ban motor adalah menjaga tekanan angin tetap dalam ukuran yang ideal. Dengan menjaga tekanan angin tetap sesuai, ban motor tidak akan mudah bocor dan tidak cepat mengalami keausan.

Setiap tipe sepeda motor memiliki ukuran tekanan angin yang telah ditetapkan dan dianjurkan produsennya, biasaya ini tertera pada bagian tertentu di badan motor.

Motor sport (Naked/Roadster) dan motor bebek (underbone), biasanya tertera di sticker yang ada di swingarm sebelah kiri, sementara untuk tipe motor matik (skuter matik), tertera di bagasi barang, di bawah jok. Tapi, ada juga yang ditempel pada dek tengah. Sebaiknya tetap cek lagi tekanan angin yang ideal yang tertera di sepeda motor. (Fernando/Contrib/NM)

Baca juga : Perawatan Honda di AHASS Wahana, Terkontrol dan Biayanya Pasti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here