Kenali Gejalanya, Tanda Ada Masalah pada Rem Tromol

0
Kenali Gejala Pada Sistem Rem Tromol yang Sering Terjadi
sistem pengereman tipe drum brake. Foto : Daya Adicipta Motora

NaikMotor – Distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, PT. Daya Adicipta Motora membagikan tips menarik seputar gejala pada sistem rem tromol yang sering terjadi.

Pada umumnya sepeda motor pengeluaran terbaru sudah menggunakan model rem cakram atau rem hidrolik. Namun, sistem pengereman tipe drum brake atau yang lebih dikenal dengan nama rem tromol juga masih digunakan walau sudah jarang penggunanya.

Biasanya sepeda motor yang menggunakan model rem tromol adalah skutik kelas 110cc atau 125cc, maupun motor berjenis cub atau motor bebek. Sedangkan untuk sepeda motor tipe sport sudah menggunakan sistem pengereman cakram dengan menggunakan sistem ABS yang lebih canggih.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman mengatakan baik rem cakram maupun tromol tentunya harus selalu diperhatikan perawatannya untuk menjaga kondisinya tetap prima juga berkendara selalu dalam kondisi aman dan nyaman.

“Perlu diketahui beberapa masalah yang biasanya terdapat pada komponen pengereman tromol seperti terdapat suara berdecit saat rem digunakan sebelum berkendara, handle rem tidak bisa kembali ke posisi semula sesaat setelah handle rem ditekan.” jelasnya.

Baca juga : Teknisi Utusan Astra Honda Menjuarai Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here