Royal Enfield Himalayan Dibolehkan Jalan-Jalan di Delhi

0
RoyalEnfieldHimalayan-4
Royal Enfield Himalayan. Foto: Dok.NMC

New Delhi (naikmotor) – Departemen Transport New Delhi akhirnya melunak dengan mencabut pelarangan penjualan produk sepeda motor yang belum memenuhi standar emisi Bharat Stage-4 atau BS-4 (setara Euro4).

Mulai 1 April 2016, produk yang didaftarkan sejak itu wajib memenuhi BS-4. Penetapan tersebut yang tidak berlaku surut itu memungkinkan Royal Enfield (RE) Himalayan dipasarkan di Ibukota India tersebut.

Sebelumnya Pemerintah Delhi menetapkan produk yang masih BS-3 akan dilarang dipasarkan di kota itu, termasuk bagi Himalayan yang baru diluncurkan 16 Maret 2016 lalu. Penetapan yang membuat banyak pabrikan di India meradang, termasuk RE, Suzuki (Access) dan Bajaj (V) yang sama-sama baru meluncurkan produk seusai Delhi Auto Expo Februari 2016 lalu.

Himalayan menggunakan mesin 410 cc, mesin yang baru bagi RE, dan dikembangkan saat berlakunya BS-3. Di lain pihak sebenarnya, pabrikan kini tengah berusaha mengembangkan mesin yang memenuhi BS-4. Mesin Himalayan bersilinder tunggal menghasilkan 24 daya kuda dan torsi 32 Nm serta dilengkapi transmisi 5 percepatan manual. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY