Fadillah Arbi Menang di FIM JuniorGP 2023 Barcelona, Sejarah Bagi AHRT

0
Fadillah Arbi Menang di FIM JuniorGP 2023 Barcelona
Fadillah Arbi podium teratas di FIM JuniorGP 2023 Barcelona. Foto: istimewa

NaikMotor – Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama menang di Race 2 FIM JuniorGP 2023 Barcelona. Fadillah Arbi sempat mendapat penalti dan finis ke-18 di Race 1 di sirkuit favoritnya itu. 

Perolehan Fadillah Arbi itu menorehkan sejarah balap Indonesia dengan meraih podium tertinggi ajang balap FIM JuniorGP. Untuk pertama kalinya dalam kejuaraan balap di benua Eropa, bendera Merah Putih berkibar paling tinggi diiringi lagu Indonesia Raya pada putaran kelima balap kedua ajang kejuaraan balap dunia junior ini di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu, (16/7/2023).

Arbi berhasil menunjukkan ketangguhan performa balapnya melalui persaingan yang ketat dan menantang dengan 33 pembalap muda potensial lainnya. Saat sesi kualifikasi pada Sabtu, (15/7/2023), Arbi yang menempati posisi ke-16 atas hasil kualifikasi harus menerima keputusan penyelenggara untuk start dari posisi ke-26 pada balapan pertama. Hal ini ia dapatkan setelah mendapatkan penalti akibat melambat ketika sesi kualifikasi.

Pada race pertama, memulai jalannya balapan dari baris ke-9 tidak membuat pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah ini gentar. Start yang bagus membuat pembalap tim pabrikan PT Astra Honda Motor (AHM) tersebut, berhasil melewati pembalap di depannya. Beberapa kali Arbi sempat mencoba mendekati posisi 10 besar. Namun ia pun harus puas untuk finish di posisi ke-18 pada balapan pertama.

Cuaca yang panas dan kelembaban yang tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap. Arbi memulai jalannya balapan kedua dengan posisi yang lebih baik dibanding saat balap pertama, yakni sesuai dengan hasil kualifikasi pada posisi ke-16. Ia pun tidak menyia-nyiakan hal ini. Ia kembali memulai jalannya balapan dengan sangat baik. Pada race kedua ini, persaingan pembalap sangat rapat, beberapa kali senggolan tak terelakkan dalam ajang balap ini.

Baca Juga: Sirkuit Favorit, Fadillah Arbi Siap Hadapi FIM JuniorGP 2023 Barcelona

Fadillah Arbi Menang di FIM JuniorGP 2023 Barcelona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here