Seed Funding MAKA Motors, untuk Bangun Pabrik Sepeda Motor Listrik yang Efisien

0
Seed Funding MAKA Motors
MAKA Motors Founder & Chief Executive Officer Raditya Wibowo; dan MAKA Motors Co-Founder & Chief Technology Officer Arief Fadillah. Foto: istimewa

NaikMotor – Perusahaan rintisan (startup) kendaraan listrik (Electric Vehicles atau EV) MAKA Motors (20/7/2023) mengumumkan Seed Funding (pendanaan tahap awal). Investasi ini dikumpulkan dari berbagai investor kelas dunia.

MAKA Motors dalam Seed Funding ini telah mengumpulkan US$ 37,6 juta atau Rp 563 miliar. Putaran pendanaan ini dipimpin bersama oleh AC Ventures, East Ventures, dan SV Investment dari Korea Selatan. Investasi ini merupakan salah satu pendanaan awal dengan jumlah terbesar di Asia Tenggara untuk startup perangkat keras (hardware).

Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh investor strategis lainnya termasuk Northstar Group, Provident, AlfaCorp, Skystar Capital, Peak XV Partners (sebelumnya dikenal sebagai Sequoia India dan SEA), Openspace Ventures, Shinhan Venture Investment, BEENEXT, Kinesys Group, dan M Venture Partners ( MVP).

MAKA Motors didirikan pada 2021 oleh mantan petinggi Gojek, Raditya Wibowo dan Arief Fadillah. Seperti kebanyakan orang Indonesia, keduanya mengendarai motor sejak di bangku sekolah. Mereka melihat adanya peluang yang belum terjawab di sektor kendaraan roda dua listrik di Indonesia, yaitu produk yang kompetitif dengan motor bensin dari sisi jarak tempuh, tenaga, fitur, daya tahan, dan harga jual.

Menjawab peluang tersebut, MAKA Motors fokus melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) selama dua tahun terakhir. Investasi besar dilakukan dalam pembangunan tim dan proses proses R&D untuk memastikan MAKA Motors menciptakan produk terbaik dengan struktur biaya yang efisien.

Baca Juga: Mengecek Subsidi Sepeda Motor Listrik di Jakarta Fair 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here