Hasil Balap Kualifikasi PON XXI 2024 di Sentul Karting, NTB Berjaya

0
Kontingen NTB meraih podium di empat kelas yang dipertandikan di babak kualifikasi PON XXI 2024. Foto: Arif

NaikMotor – Sebanyak empat kelas yang akan dipertandikan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara dan Aceh Cabang Olahraga Bermotor usai menggelar babak kualifikasi PON di Sentul Karting, 25-26 Juli 2023. Kontingen NTB, DKI Jakarta, Jawa Barat, Papua Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi provinsi yang meraih podium di Pra PON.

Empat kelas yang dipertandikan di babak kualifikasi PON juga memiliki batasan umur peserta yakni  Standar Perorangan (16-20 Tahun), Standar Beregu (16-25 Tahun) , Modifikasi Perorangan (16-20 Tahun) dan Modifikasi Beregu (16-25 Tahun).

Dari empat kelas tersebut, kontingen Nusa Tenggara Barat yang mengandalkan duet Arai Agaska dan Aldias Aqsal paling banyak mengisi podium dengan memenangi kelas Standar Perorangan dan Modifikasi Beregu. Mereka juga menempatu posisi kedua podium di kelas Standar Beregu dan Modifikasi Perorangan.

Eddy Horison, race dirrector Pra PON, Eddy Saputra technical delegate IMI Pusat dan Arai Agaska serta official NTB

Menurut Arai Agaska, kunci kemenangannya adalah disiplin dan menjaga emosi.” Saya sudah main di Sentul Karting sejak 2019, saya tinggal fokus dan menjaga racing line. Saya menjaga ritme balap karena motornya semua sama,” tukas pembalap yang sebelumnya menjuarai kelas Underbone 150 di Mandalika Racing Series putaran kedua lalu.

Menurut Eddy Saputra, Technical Delegate dari IMI Pusat untuk PON XXI 2024 sekalihus Deputy Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor, babak kualifikasi ini diadakan untuk seleksi provinsi di Cabang Olahraga Bermotor. “Dengan adanya pembatasan usia pembalap, diharapkan tahun depan saat PON berlangsung bisa memberikan penampilan terbaik untuk daerahnya. Kita terus mendorong pembalap-pembalap muda ini mempunyai pengalaman bertanding di berbagai kejuaraan dengan sesama  usianya. Setelah Balap Motor, kita akan melanjutkannya dengan kategori Grasstrack, 28-30 Juli di Sirkuit Cargloss Cibinong,” tukas Eddy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here