Ujian SIM C Berubah, Bikin Angka Delapan Jadi Begini

0
Korlantas Polri resmi merombak materi ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) kendaraan roda dua. Ujian SIM C berubah mulai diterapkan (7/8/2023).
Materi Ujian SIM C di Kepolisian ada ujian tertulis dan prtaktek. Foto: istimewa

NaikMotor – Korlantas Polri resmi merombak materi ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) kendaraan roda dua. Ujian SIM C berubah mulai diterapkan (7/8/2023).

Salah satu materi Ujian SIM C yang berubah semula membentuk angka 8 yang kini menjadi huruf S. Hal itu disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi saat mengecek lintasan ujian SIM yang baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023). Kakorlantas berharap lintasan baru ini dapat diterapkan pada Senin (7/8/2023) mendatang hingga ke jenjang polres.

“Nanti hari Senin kita harapkan dua hari ini masing-masing jajaran sampai ke tingkat Polres bisa menerapkan ujian seperti yang kita lihat pada sore hari ini ya. Jadi teman-teman yang di daerah, teman-teman yang di wilayah bisa melihat langsung di Polres masing-masing apakah sudah tersedia layout yang seperti ini,” kata Kakorlantas, seperti dikutip dari situs ntmc-polri.

Kakorlantas menyampaikan ada 5 materi dalam ujian praktik SIM C ini dalam satu lintasan yang berbentuk huruf ‘S’. Materi ini dirangkai sedemikian rupa merepresentasikan lintasan selayaknya di jalan raya.

“Perlu saya sampaikan dalam 1 kali tes ini ada 5 uji yang kita laksanakan. Pertama berjalan di jalan yang lurus, yang kedua bermanuver untuk u-turn, atau balik arah, kemudian gerakan letter S, dan kemudian bereaksi untuk buang ke kiri dan ke kanan. Artinya kalau sebelumnya kita ini hanya menguji per item sepotong-potong, ini kita rangkai sedemikian rupa seperti masyarakat kalau berjalan di jalan raya,” jelasnya.

Baca Juga: Penggolongan SIM C Dipercepat, Ujian C1 dan C2 Hanya di Polda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here