First Ride Vespa Elettrica, Fitur-fiturnya Bikin Harganya Fantastis

0
Test Ride Vespa Eletricca, ini Alasan Harganya Fantastis

NaikMotor – PT Piaggio Indonesia mengundang rekan-rekan media untuk mencoba pengalaman langsung dalam mengendarai Vespa Elettrica di Plaza Senayan, Jakarta (24/08/2023). Begini rasanya ketika mencoba berkendara dan menikmati fitur-fitur cerdasnya.

Rekan-rekan media mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk ini mulai pada hari Rabu (23/08/2023) dan Kamis (24/08/2023). Skuter listrik premium ini, memiliki tampilan desain yang futuristik yang menunjukkan ciri khas vespa dengan warna silver disertai garis biru.

Ketika mengendarai Vespa Elettrica ternyata lebih cocok untuk pengendara dengan tinggi 170cm ke atas. Tim naikmotor yang bertinggi 165cm harus bertumpu pada ujung sepatu karena tinggi jok yaitu 790mm.

Joknya memanjang cukup untuk dikendarai berboncengan sementara dek lebar untuk kaki. Uniknya skuter listrik ini memiliki ban depan dengan ring 12 dan ban belakang lebih kecil dengan ring 11. Selain itu, skuter ini ternyata mampu menahan beban hingga 235kg dan diklaim masih mampu dan aman untuk  menanjak.

Posisi duduk pada skuter listrik ini cukup nyaman dengan jangkauan antara tangan terhadap stang tidak terlalu jauh. Ketika tim naikmotor ingin memarkir skuter listrik ini, tidak terlalu sulit saat menurunkan standar tengah.

Namun, tidak terdapat standar samping pada skuter ini. bagi pengendara yang terbiasa menggunakan standar samping hal ini terasa ganjal. Tetapi ini seperti mengingatkan pada Vespa 2tak yang dilengkapi dengan standar samping. Meski Elettrica ini Vespa moderen berbasis Primavera.

Tim naikmotor ketika pertama kali mencoba Vespa Elettrica melihat langsung proses pengisian daya skuter listrik ini. Terdapat kabel sepanjang 2 meter yang bisa digunakan untuk mengisi daya terletak di bawah jok. Soket kabel ini ini dilindungi penutup dan sudah ada fitur safety di mana ketika tidak tertutup dengan benar skuter ini tidak akan bisa berjalan.

Elettrica digerakkan motorhub 2kW untuk pengendaraan konstan, tetapi jika diinginkan motornya mampu menghasilkan tenaga puncak 4kW dan torsi 200Nm. Sumber listriknya dari baterai Lithium-ion yang bisa dicharge melalui listrik rumahan selama 4-8 jam agar full charge. Dengan catatan, tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian.

Skuter diklaim tak memerlukan perawatan, sebab baterai akan mampu mengalami 1.000 kali full charging cycles. Masa pakai baterai untuk 50 ribu sampai 70 ribu km atau 10 tahun untuk penggunaan komuter dalam kota. Piaggio memberikan garansi baterai untuk 3 tahun.

Baca juga : Segini Harga Vespa Elettrica, Hadir di GIIAS 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here