Honda E-Clutch, Teknologi Kopling Terbaru Pengganti DTC

0

Honda E-Clutch, Teknologi Kopling Terbaru Pengganti DTC

Dalam video tersebut, Honda memperlihatkan sistem baru pada empat silinder yang berputar sekitar 13.000 rpm dan bekerja dengan kabel kopling. Terlihat bahwa ini adalah mesin 650 dari seri CB.

Meski Honda menampilkan sepeda motor yang masih memiliki tuas kopling, namun itu tidak digunakan saat start. Simbol baru “A” hijau ditampilkan di panel meter, yang mungkin berarti Automatic.

Cukup masuk ke persneling dan dengan sedikit selip pada kopling, sepeda motor dapat langsung berjalan seperti normalnya. Tidak jelas apakah kopling selalu terbuka secara otomatis saat perpindahan gigi.

Honda E-Clutch, Teknologi Kopling Terbaru Pengganti DTCDalam gambar cutaway yang di-render, Honda memperlihatkan mekanisme sistem E-Clutch yang dipasang pada penutup kopling. Dua aktuator dihubungkan ke mekanisme pelepasan sederhana melalui gearbox.

Kedua motor penggerak membuka dan menutup kopling seperti biasa dengan memutar poros yang selanjutnya menarik pelepas kopling dan memisahkan gaya traksi. Tuas defleksi yang dioperasikan oleh pulley di bagian luar tampaknya terhubung ke poros melalui freewheel.

Dengan kata lain: dalam mode otomatis, tuas tidak bergerak; Kedua bagian tersebut baru terhubung satu sama lain ketika pengemudi menarik tuas kopling. Dalam video tersebut, Honda memperlihatkan mesin empat silinder berukuran sangat kecil dengan e-clutch yang terpasang.

Honda akan menggunakan E-Clutch sebagai pengganti DCT yang canggih dan populer, yang berbobot 10 kg. Namun, DCT tidak hanya melakukan kopling, tetapi juga berpindah gigi secara otomatis, yang menunjukkan peningkatan kenyamanan yang lebih besar. (Alvito/Contrib/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here