Kemenparekraf: Mandalika jadi Episentrum Motorsport dengan MotoGP

0
MotoGP Mandalika 2023, Sukses Lampaui Target Jumlah Penonton
MotoGP bawa nama bangsa ke kancah dunia, IndonesianGP Sukses Lampaui Target Jumlah Penonton. Foto: kemenparekraf.go.id

NaikMotor – Putaran ke-15 MotoGP di Indonesia usai digelar 13-15 Oktober kemarin di Pertamina Mandalika International Circuit dengan beberapa catatan. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang ikut mendukung pelaksanaan event ini menyebut Mandalika sebagai episentrum motorsport.

Sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas, Lombok telah menjadi lokasi yang menawarkan pesona eksotisme alam dan kekayaan budaya tinggi di Indonesia. Tidak salah bila kehadiran MotoGP sebagai ajang balap motor tertinggi di dunia ke Mandalika merupakan salah satu peluang besar dalam meningkatkan perekonomian. MotoGP Mandalika 2023 juga memberikan dampak besar terhadap peningkatan kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terutama tingkat hunian kamar yang meningkat juga produk UMKM yang banyak diminati wisatawan.

Kehadiran pembalap top dunia secara lengkap di putaran Mandalika menjadikan antusias penonton juga tinggi untuk menyaksikan langsung di sirkuit. Berbagai persiapan yang dilakukan untuk melayani tim dari sisi lintasan dan juga fasilitas pendukung untuk pengunjung berbuah hasil menggembirakan. Hal ini, turut diapresiasi oleh Kementrian Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang mendukung penuh gelaran MotoGP Mandalika, IndonesianGP 2023.

“Selama tiga hari kegiatan, semua berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk penonton. Total penonton di putaran ke-15 MotoGP 2023 ini mencapai angka 102.000. Kita sangat bersyukur karena jumlah ini berada di atas target sebesar 100 ribu penonton,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang hadri langsung ke sirkuit.

Sementara para riders yang bertarung di atas aspal Sirkuit Mandalika sepanjang 4,32 kilometer itu juga menyampaikan apresiasinya. Keindahan pantai di Mandalika kembali membuat mereka terpesona dan para pembalap juga menyukai produk-produk ekonomi kreatif khas Lombok.

Seperti keris khas Lombok yang diberikan kepada peraih podium di IndonesianGP 2023. Seperti diketahui, dalam putaran balap kali ini Bagnaia berhasil meraih podium 1, disusul Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

“MotoGP 2023 ini sangat spektakuler. Saya menyerahkan persembahan masyarakat NTB (keris). Quartararo bilang spektakuler, Vinales bilang amazing, dan tentunya Pecco (Bagnaia) karena dia sekarang nomor satu, dia menyampaikan Wonderful Indonesia,” kata Sandiaga.

Baca Juga: Kemenparekraf Perpanjang Kerja Sama dengan Gresini RacingMotoGP Mandalika 2023, Sukses Lampaui Target Jumlah Penonton

LEAVE A REPLY

*