Lebih Akurat, Radar Bosch untuk Pencegahan Kecelakaan Sepeda Motor

0
Radar Bosch
Radar Bosch kini lebih akurat dan area pemindaian lebih luas. Foto: Bosch

NaikMotor – Produsen perangkat keselamatan berkendara dari Jerman menghadirkan inovasi barunya di EICMA 2023. Radar produk Bosch diklaim bisa mencegah terjadinya kecelakaan sepeda motor.

EICMA 2023 akan.mulai digelar 9 November di Milan, Italia. Produsen keselamatan otomotif Bosch akan menampilkan sensor radar sepeda motor generasi baru. Menurut Bosch Accident Research, satu dari tujuh kecelakaan sepeda motor dapat dicegah dengan sistem bantuan berbasis radar.

Bantuan radar sepeda motor yang ditingkatkan menggunakan sensor sekeliling untuk mendeteksi bahaya dan melakukan intervensi untuk mencegah atau meminimalkan kecelakaan. Sistem Bosch baru memiliki jangkauan total 210 meter – lebih jauh 50 meter dari pendahulunya.

Selain itu, sudut aperture horizontal yang lebih lebar sebesar 15 derajat meningkatkan akurasi dalam deteksi objek. Sensor baru ini akan menjadi dasar pengembangan lebih lanjut sistem bantuan Bosch untuk kendaraan roda dua.

Radar sepeda motor bukanlah hal baru, model seperti Ducati Multistrada V4 dan Yamaha Tracer 9GT+ Sport menggunakan sistem radar untuk kendali jelajah dan penghindaran tabrakan. Meskipun sistem seperti ini umum digunakan pada banyak mobil saat ini, pertimbangan biaya, ukuran dan berat sebelumnya telah menghalangi penggunaan sepeda motor secara luas. (Afid/nm)

Baca Juga: Help Connect dari Bosch Bisa Temukan Korban Kecelakaan dalam Waktu Singkat 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here