Jajal Singkat Ducati Scrambler 800 dari Arena Test Ride IIMS 2016

1
Ducati_Scrambler_800_Tes_Singkat
Uji singkat Ducati Scrambler 800 di arena test ride IIMS 2016. Foto: Yudistira

Jakarta (naikmotor) – Scrambler Ducati 800 yang baru saja meluncur pekan lalu tersedia di arena test ride Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Kemayoran, Jakarta Pusat. NaikMotor.com berkesempatan menjajal motor yang dijadikan objek modifikasi antar dealer Ducati di dunia itu.

Di arena test ride, disediakan Scrambler 800 Icon berwarna merah yang dibandero Rp 328,9 juta. Panitia memberi kesempatan dua putaran untuk coba motor tersebut.

Sayangnya, jalur test ride sangat terbatas, alhasil motor pun hanya bisa digeber sampai gigi dua. Mesin 800cc memberikan kesan cukup garang saat motor mulai dinyalakan. Knalpot dengan pipa ganda produksi suara halus namun menggelegar.

Kopling terbilang enteng saat ditekan, hal itu membuat pengendara tidak mudah lelah untuk berkendara apalagi di perkotaan yang padat. Di luar dugaan, motor berkapasitas 800cc itu tak menghentak saat gas dibuka. Putaran mesin bawah tak mengerikan seperti yang dipikir sebelumnya.

Masuk ke gigi dua, justru hentakan motor semakin galak. Karena arena yang sempit, kami harus mengerem saat motor baru menginjak rpm 4000.

Soal kenyamanan, posisi duduk pengendara Scrambler Ducati tidak ‘disiksa’ untuk menunduk atau terlalu tegap. Ukuran tangki yang tak begitu besar membuat jarak stang kemudi dan jok tak terlampau jauh.

Buat ukuran standar orang Indonesia, motor  bergaya retro ini nyaman. Stang lebar tak jadi masalah untuk bermanuver, justru tambah keleluasaan bergerak. Shock breaker depan teleskopik bekerja dengan baik. Di trek bergelombang, badan tidak berguncang hebat.

Scrambler Ducati Icon terbilang nyaman dikendarai di perkotaan dengan desainnya yang ramping, namun kapasitas mesin besar agaknya tak bekerja maksimal di jalanan yang padat. (Yudistira/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY