Inovasi 2023: ChatGPT di eBike Urtopia, Jadi Navigator

0
ChatGPT di eBike Urtopia
Pabrikan E-bike asal Tiongkok, Urtopia menerapkan ChatGPT di produknya. Foto: urtopia

NaikMotor – Sejak dibuka untuk publik, OpenAI’s ChatGPT telah menjadi kecerdasan buatan yang bisa diterapkan dalam berbagai hal. Termasuk penerapan ChatGPT di eBike produk Urtopia dari Tiongkok.

Penerapan ChatGPT di eBike Urtopia itu ditampilkan pada pameran Eurobike di Frankfurt, Jerman akhir tahun 2023 lalu. ChatGPT pada eBike bukan untuk mengambilalih pengendaraan tetapi berperan sebagai navigator.

Urtopia sendiri mulai dikenal sejak 2021 ketika tampil di Indiegogo, untuk crowdfunding rancangan ebike bersasis karbon dengan komputer high-end. Sepeda listrik cerdas itu dilengkapi dengan voice command.

Perintah suara masih terbatas untuk pergantian pedal-assist level, menyalakan sein dan mengatur volume spiker. Tetapi kini teknologi itu digantikan ChatGPT.

Urtopia dalam pernyataan resminya menyebut, “Sistem kontrol Urtopia sepenuhnya dikembangkan dan terintegrasi. Sebagai ebike pertama yang memiliki fitur pengenalan suara, Urtopia dapat berinteraksi dengan ChatGPT melalui teknologi pengenalan suara canggihnya, menciptakan pengalaman bersepeda yang benar-benar cerdas dan responsif.”

Baca Juga: Honbike Uni4, Ebike dengan Konsep Unique, Unisex, dan Universal

ChatGPT di eBike Urtopia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here