Mesin Pneumatic Aprilia Hanya Kuat di Top Speed

0

Aprilia-Tak-Kompetitif-1

Sepang (naikmotor) Dari daftar peserta tim manufaktur, Aprilia adalah satu-satunya manufaktur yang tidak membawa tim sendiri ke ajang balap MotoGP tahun ini.

Aprilia memandatory tim Gresini Racing sebagai tim manufaktur mereka dan memberikan semua keperluan selayaknya tim manufaktur usungan sendiri.

Namun sayang, hingga sesi tes resmi pra musim MotoGP 2015 di Sepang 1 selama pekan kemarin, baik Alvaro Bautista maupun Marco Melandri tak mampu mampu tampil kompetitif. Tentu sangat disayangkan, karena mereka justru mengalami penurunan performa ketika manufaktur Aprilia campur tangan lebih besar di dalamnya.

“Motor yang kami gunakan selama sesi tes resmi di Malaysia, kurang lebih masih sama dengan motor yang kami gunakan di sesi tes resmi Valencia tahun lalu. Kami menggunakan motor dengan tipe mesin berkatup pneumatic. Meski menggunakan motor terbaru yang menggunakan katup biasa, namun ternyata tidak lebih baik dari motor kami sebelumnya,” klaim Bautista.

Bautista sendiri masih lebih memprioritaskan penggunaan motor dengan katup pneumatic. Lantaran porsi tenaga yang dihasilkan sangat linier alias merata mulai dari bawah hingga putaran atas. Tapi kelemahannya justru pada bagian bawah terasa sangat lemah. Bedanya dengan Honda RC213V, mereka punya tenaga yang lebih besar dari bawah sehingga atasnya hanya mengikuti saja.

“Mesin yang kami gunakan punya karakter seperti mesin motor listrik. Power merata dan tidak ada yang jomplang. Tapi di balap MotoGP kami butuh power besar pada putaran tengah dan juga pada putaran bawah. Jadi ketika berakselerasi keluar tikungan, kami bisa tampil lebih cepat,” imbuh pembalap asal Spanyol itu.

Marco Melandri sendiiri tidak bisa berbuat banyak. Kendati ia mampu tampil kompetitif di ajang balap World Superbike Championship (WSBK) bersama tim Aprilia, namun kali ini tidak. Ia selalu menjadi penjaga pintu belakang di sesi tes.

Tentu sangat disayangkan, lantaran ketika Aprilia masih menjadi bersama tim Aspar MotoGP, mereka tampil jadi tim Open Class yang terbaik. Harusnya pengalaman kompetitif ini menjadikan mereka semakin menguat. Tapi ini malah sebaliknya. (Spy/NM) Foto: Dorna MotoGP

Aprilia-Tak-Kompetitif-2

LEAVE A REPLY