Penggunaan Winglet Berbahaya Masih Kontroversi, Perlu Analisa

0
Ducati_MotoGP_Qatar_2016
Winglet pada motor-motor MotoGP masih kontroversi karena dianggap berbahaya. Foto: Dok. NMC

London (naikmotor) – Penggunaan winglet atau sayap aerodinamika pada motor MotoGP masih menimbulkan kontrovresi. Winglet yang memiliki manfaat untuk menjaga motor tetap stabil di lintasan tersebut dipertanyakan keselamatannya saat membalap.

Isu tersebut muncul ketika pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, ditempel dengan sayap pembalap Ducati pada balapan di Argentina. Beruntung pembalap Spanyol tersebut tidak mengalami luka dan menyelesaikan balapan dengan sempurna.

Kejadian kedua beralangsung seminggu kemudian ketika rekan Marquez, Dani Pedrosa, menabrak pembalap Tim Ducati, Andrea Dovizioso. Ketika itu sayap motor Honda menyentuh kaki Dovizioso. Beruntung Dovi tak mengalami masalah dengan kakinya.

Masalah sayap tambahan tersebut lalu mendapat tanggapan dari mantan pembalap Ducati, Randy Mamola. Menurutnya, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk membahas sayap tambahan.

“Saya rasa keputusan terbijak adalah dengan membiarkan dibukanya penelitian apakah ini merugikan atau tidak,” ujar Mamola, pada Motorsport.

“Ketika saya berbicara mengenai analisis, maka perlu data tersendiri tentang efeknya kepada kaki dan tangan jika tertabrak,” tandasnya. (Wl/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here