Sering Ganti Pelumas Periodik, Bikin Hemat BBM dan Awet Isi Dompet

0
Sering Ganti Pelumas
Sering ganti pelumas hemat BBM dan isi dompet. Foto; wahana honda

NaikMotor – Pergantian pelumas mesin sepeda motor secara periodik ada keuntungannya. Sering ganti pelumas bisa membuat mesin motor lebih optimal performanya.

Selain performa yang optimal, sering ganti pelumas secara periodik juga membuat komponen sepeda motor lebih awet. Sebaliknya jika jarang ganti oli sejumlah risiko bisa dialami pengguna sepeda motor.

Seperti disebutkan Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Wahyu Budhi, ada sejumlah risiko bila jarang mengganti pelumas mesin. “Mesin sepeda motor akan lebih cepat rusak bila tidak rutin mengganti pelumas mesin,” Wahyu menekankan.

“Kekentalan pelumas akan menurun bila terlalu lama tidak diganti sehingga kualitas pelumasan menjadi berkurang. Belum lagi, gesekan antar sesama komponen tidak terlumasi dengan baik, efeknya cepat terjadi keausan,” papar Wahyu.

Hal itu ditandai dengan oli yang menghitam. “Warna hitam pada pelumas ini disebabkan kerak dari sisa pembakaran bercampur dengan pelumas. Bentuk cairannya pun akan sangat encer dan sudah tidak layak untuk melumasi kembali,” ujar Wahyu.

Karena fungsi pelumas juga membantu pendinginan mesin, maka jika jarang mengganti oli, mesin mudah mengalami panas berlebih.

Baca Juga: Kemasan Baru AHM Oil Semakin Atraktif dan Eksklusif Harga Mulai Rp50 Ribu

Sering Ganti Pelumas

LEAVE A REPLY

*