Macam dan Fungsi Tutup Pentil Ban Sepeda Motor

0
Fungsi Tutup Pentil Pada Pentil Ban Sepeda Motor
Fungsi Tutup Pentil Pada Pentil Ban Sepeda Motor. Foto: DAM

NaikMotor – Meski kecil dan kerap terlupakan penutup pentil ban sepeda motor penting. Sebab tutup pentil memiliki pengaruh pada kinerja sepeda motor.

Seperti yang kita ketahui, terdapat saluran udara pada ban yang disebut lubang pentil. Pentil pada ban motor adalah saluran kecil yang digunakan untuk mengisi atau mengeluarkan udara dari dalam ban.

Fungsi utamanya untuk mengatur tekanan udara di dalam ban, karena tekanan ban dapat mempengaruhi kinerja, keamanan, dan kenyamanan berkendara. Nah, selain itu, ada barang kecil yang kadang terlupakan dan dianggap sepele keberadaannya, yaitu tutup pentil.

Sub Department Head Technical Service PT. Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan. “Fungsi utama dari tutup pentil adalah melindungi pentil dari kotoran, air, dan benda asing lainnya, seperti debu, pasir, benda keras, atau kotoran lain di jalanan. Tutup pentil juga membantu mencegah kebocoran udara dari dalam ban.”

“Sangat penting untuk menutupi lubang pentil dengan penutup pentil. Khususnya di musim hujan karena lubang pentil dan bagian dalam ban mengandung bahan logam yang dapat berkarat atau mengalami korosi jika terpapar oleh air,” ujar Ade.

Dan selain itu, tutup pentil juga dapat memiliki fungsi estetika atau sebagai pengidentifikasi tekanan udara yang tepat dalam ban. Tutup pentil adalah perlengkapan kecil yang ditempatkan di ujung pentil ban, dengan berbagai model dan ragam. Berikut adalah beberapa jenis dan macamnya:

Baca Juga: Modif Ringan Honda CT125 Buat Utilitas Lebih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here