Ban Pirelli Kerja Keras di Moto2 dan Moto3 2024 Portugal

0
Sirkuit Portimao bagi Pirelli adalah Sirkuit yang membuat ban kerja keras. Foto: Pirelli, dorna motogp
Kelas Moto3 di MotoGP Portugal. Foto: Dorna Wordsbk

NaikMotor – Pada putaran MotoGP 2024 Portugal, yang digelar di Autodromo Internacional do Algarve, menurut Pirelli adalah sirkuit yang banyak tuntutan. Di kelas Moto2 dan Moto3 2024 Portugal ban Pirelli bekerja dengan keras mengantarkan para pembalap.

Sirkuit Algarve Portimao berbeda dengan Lusail di Qatar, karena tata letaknya yang banyak tanjakan dan turunan ditambah tikungan buta membuat lintasan menjadi sangat spektakuler dan unik. Pirelli menyediakan alokasi standar bagi pembalap kedua kelas, yaitu mereka yang awalnya dinominasikan untuk seluruh musim 2024.

Di Portimão, ban harus beradaptasi dengan kondisi yang berbeda, “Portimão menghadirkan tata letak ban yang agak menuntut dengan perpaduan menarik antara tikungan menanjak dan menurun serta spesifikasi yang perlu dipertimbangkan,” buka Giorgio Barbier, Motorcycle Racing Director Pirelli.

“Berbeda dengan ban belakang, yang mengalami sedikit tekanan mekanis/termal namun intens, ban depan terus-menerus terlibat dalam tikungan kecepatan lambat dan cepat dengan radius kelengkungan kecil. Hal ini memaksa Pembalap untuk mengerem secara tiba-tiba, bahkan saat menuruni bukit,” terang Barbier.

“Namun, ini adalah trek yang kami kenal dengan baik karena kami telah beberapa kali membalap di sana bersama World Superbike dan berbagai tes, tidak terkecuali pada bulan Februari lalu dengan para pembalap Moto2 dan Moto3. Sayangnya, pengujian terakhir ini dipengaruhi oleh cuaca buruk dan hujan sehingga pengendara hanya bisa merasakan sedikit rasa dari ban kami,” jelasnya.

Baca Juga: Pirelli di Moto2 Moto3 Qatar 2024, dengan Sirkuit Paling Menuntut
Pirelli Moto2 2024 Portugal
Alokasi Ban Standar Moto2 dan Moto3 di Portugal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here