Merawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh

0
Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh
Tips Merawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh. Foto: Yamaha

NaikMotor – Setelah berkendara dengan jarak jauh seperti mudik dan arus balik, mengecek kondisi sepeda motor adalah keharusan bagi setiap pengendara. Begini langkah perawatannya.

Musim liburan kini telah berakhir, sebelum pengendara kembali menggunakan sepeda motor untuk rutinitas sehari-hari maka perlu melakukan perawatan rutin. Apalagi selama liburan. Seringkali diwarnai dengan kemacetan lalu lintas dan menempuh jarak jauh bahkan hingga ratusan kilometer yang membuat kendaraan bekerja dengan lebih ekstra.

“Bagi pengendara yang melakukan perjalanan jauh saat liburan, sangatlah penting untuk memperhatikan kondisi sepeda motor sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari. Dengan melakukan perawatan rutin yang tepat. Sepeda motor dapat tetap berada pada performa terbaiknya serta memberikan kenyamanan maksimal selama digunakan,” ungkap Frengky Rusli, Asst. General Manager CS Division, PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Tips merawat untuk memastikan kinerja sepeda motor selalu optimal, berikut 6 komponen yang perlu diperiksa setelah perjalanan jauh:

1. Oli Mesin dan Oli Transmisi
Biasanya oli mesin perlu diganti setiap 3.000km/3 bulan sesuai dengan buku petunjuk pemilik. Namun, frekuensi penggantian ini perlu disesuaikan dengan intensitas penggunaan kendaraan. Pemilik motor dapat memeriksa kondisi oli mesin dengan dipstick. Jika volumenya berkurang atau terlihat kotor, segera lakukan penggantian dengan menggunakan Yamalube, oli asli dari Yamaha.

Tidak hanya itu, para pengendara sepeda motor matic juga perlu memeriksa kondisi oli transmisi. Penggantian oli transmisi sebaiknya dilakukan setiap 12.000 km atau 12 bulan, atau sesuai dengan intensitas penggunaan motor. Oli transmisi berperan penting dalam melumasi gear transmisi agar tidak cepat aus dan lebih awet.

Baca Juga: Yamaha Hadirkan Replika R1 Tunggangan Rea di WorldSBK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here