Ini Tool Kit yang Wajib Dibawa Pemotor Harian

0
Tool kit wajib
Tool kit ringkas yang biasanya tersedia pada sepeda motor sejak dari dealer. Foto: honda

NaikMotor – Selain kondisi sepeda motor yang prima, pemotor juga wajib membawa tool kit ringkas. Tujuannya jelas, untuk trouble shooting ringan jika tiba-tiba tunggangan mengalami masalah teknis ringan.

Sebelum melakukan perjalanan baik jarak dekat maupun jarak jauh persiapkan kendaraan dengan baik. Termasuk wajib membawa tool kit yang ringkas.

Terlebih perjalanan harian, membawa tool kit menjadi ritual rutin sebagai antisipasi. Karena masalah teknis ringan bisa datang kapan saja.

Ada beberapa peralatan yang cukup penting dan sangat dibutuhkan dalam kondisi darurat yang sebaiknya selalu dibawa saat berkendara, antara lain:

1. Obeng
Banyak komponen pada sepeda motor menggunakan sekrup yang harus dibuka dan dipasang dengan obeng. Oleh karena itu, obeng merupakan salah satu peralatan yang sangat penting untuk dibawa saat berpergian. Selain untuk membuka sekrup atau baut, obeng juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti mengatur setelan stasioner, idling pengabut bahan bakar, dan saluran bahan bakar.

Obeng terdiri dari dua jenis, yaitu obeng plus (+) dan minus (-). Saat ini, keduanya lebih praktis karena model obeng umumnya menggunakan kombinasi kedua jenis obeng tersebut, yang bisa dilepas pasang sesuai kebutuhan.

Umumnya, setiap pembelian sepeda motor Honda sudah dilengkapi dengan standar tools seperti obeng, kunci busi, dan kunci pas 10-12. Obeng juga dapat digunakan dengan mengkombinasikan kunci busi, yaitu sebagai handle untuk memutar kunci busi (obeng dimasukkan ke lubang yang tersedia pada kunci busi). Untuk motor tipe Cub, bisa menggunakan obeng bawaan motor untuk setting stasioner.

Baca Juga: Warna Baru Honda Super Cub C125 2024, Lebih Klasik Tapi Premium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here