Jelang MotoGP Le Mans Perancis, Lorenzo masih Diunggulkan

0
Jelang_MotoGP_LeMans
Jelang MotoGP Le Mans akhir pekan ini, Jorge Lorenzo masih menjadi kandidat kuat juara. Foto: Michelin

Jakarta (naikmotor) – Perjalanan MotoGP 2016 sudah memasuki episode kelima. Dari empat episode yang sudah berjalan, hanya Marc Marquez yang tak pernah lepas dari posisi finis di podium. Kendati Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo juga sudah berbagi kemenangan, namun belum ada pembalap yang difavoritkan untuk meraih kemenangan.

Akhir pekan ini, (8/5/2016) sirkus MotoGP akan bertandang ke Le Mans Perancis. Modal tes resmi di Jerez yang digelar beberapa waktu lalu oleh hampir semua tim, membuat peta persaingan menjadi lebih sengit. Berbagai komponen baru telah dicoba oleh beberapa pembalap termasuk Marc Marquez yang telah menguji model winglet keempat di motornya.

Dan yang terpenting, para pembalap telah menguji ban baru Michelin yang sampai saat ini masih menjadi keluhan pembalap. Lantaran masih sulit untuk diprediksi jalannya balapan nanti, artinya semua pembalap papan atas, masih punya kesempatan untuk meraih simpatik besar dari para fans balap di MotoGP.

Bukan sekadar akan menyajikan duel Yamaha melawan Honda, namun sodokan dari Suzuki juga diperkirakan akan lebih menggigit di luar duo Ducati yang terlebih dulu kompetitif. Pencapaian Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di seri Jerez lalu yang finis masing-masing di urutan kelima dan keenam menjadi indikasi performa Suuki GSX-RR terus mengalami peningkatan

Satu-satunya hal yang bisa kita pelajari dan baca sekarang adalah kemampuan motor ditinjau dari adaptasi dengan karakter ban dan sistem elektronik. Honda sudah membuktikan diri di tipe sirkuit stop & go saat berlaga di Austin. Marc Marquez meraih kemenangan dengan selisih cukup besar.

Lalu siapa yang biasanya punya peluang besar untuk memberikan kemenangan bagi timnya?. Mungkin mayoritas memilih Jorge Lorenzo sebagai pemenangannya. Karena kiprahnya di sirkuit ini selalu berakhir dengan pencapaian terbaik. Tapi beda tahun akan beda juga performa motor. Jelas Lorenzo takkan membiarkan satu orang pun mengacak-acak kesenangannya di sirkuit ini. (Spy/NM)

Daftar Juara MotoGP di Le Mans

2005 (Valentino Rossi, Yamaha)
2006 (Marco Melandri, Honda)
2007 (Chris Vermeulen, Suzuki)
2008 (Valentino Rossi, Yamaha)
2009 (Jorge Lorenzo, Yamaha)
2010 (Jorge Lorenzo, Yamaha)
2011 (Casey Stoner, Honda)
2012 (Jorge Lorenzo, Honda)
2013 (Dani Pedrosa , Honda)
2014 (Marc Marquez, Honda)
2015 (Jorge Lorenzo, Yamaha)

LEAVE A REPLY

*