Tips Motor, Mendeteksi Keausan Rem

1
54

Tips-Rem

Jakarta (naikmotor) Rem merupakan perangkat vital pada semua kendaraan sebagai penahan laju roda sepeda motor. Kenali gejalanya bila rem sudah mulai aus.

Rem aus antara lain ditandai dengan adanya suara menderit, karena logam yang bergesekan. Bila ini terjadi segera periksa kondisi rem sepeda motor Anda.

Bila sudah aus, segera ganti sepatu atau kampas remnya. Jangan dibiarkan terlalu lama, selain berbahaya juga bagian lain seperti tromol atau cakram akan terkikis juga.

Gejala lainnya bila sepatu rem sudah habis pada model yang masih menggunakan tromol, adalah rem akan sangat dalam saat ditekan dan tidak bisa disetel lagi.

Motor dengan rem cakram, akan mudah dilihat ketebalan sepatu remnya. Bila sulit, bisa dideteksi dari penurunan minyak rem pada tabungnya. Penyusutan ketinggian minyak rem biasanya berkaitan dengan habisnya sepatu rem.

Cek kondisi tabung rem, master rem termasuk saluran-salurannya dan khusus untuk komponen rem, gantilah hanya dengan material yang berkualitas terbaik.(af/NM)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*