Kawasaki Z1 900, Penjegal Laju Honda CB750

0

KAWASAKI_Z1_3

Jepang (naikmotor) Kawasaki Z1 merupakan prototype the real superbike dari Kawasaki yang legendaris di tahun 1970-an hingga mendapat kehormatan mengisi ruang pamer Motorcycle Hall of Fame di Ohio, Amerika.

Sebagai industri besar yang melahirkan beraneka produk mulai dari pesawat terbang, robot, speedboat hingga sepeda motor, Kawasaki tentunya memiliki basis engineering yang kuat.

Jaman kesuksesannya di pasar sepeda motor dunia dimulai menjelang tahun 1960-an hingga berlanjut seiring dengan diperkenalkannya model Z1 mulai tahun 1972. Motor ini menjadi cikal bakal salah satu kedigdayaan Kawasaki di berbagai kompetisi di dunia.

Mesinnya menggunakan konfigurasi empat silinder segaris DOHC berkapasitas 903cc. Strategi ini ditempuh Kawasaki untuk ikut bersaing dengan para kompetitornya di kelas mesin besar dengan sasaran utamanya menjegal langkah Honda CB750.

Inilah prototype the real superbike dari Kawasaki yang menjadi legendaries di tahun 1970-an hingga mendapat kehormatan mengisi ruang pamer Motorcycle Hall of Fame di Ohio, Amerika.

Proporsional bodinya sangat ideal membopong mesin empat silinder yang mampu menuai top speed mencapai 211 km/jam. Tentu saja, mesin 4-langkah dengan DOHC itu menjadi sumber utama unjuk pamer kekuatannya karena termasuk generasi pertama mesin bongsor dari Kawasaki yang sukses di pasaran.

Sebelumnya, para engineering Kawasaki telah melakukan riset dan pengembangan selama empat tahun serta di ujicoba langsung di Amerika. Karena itulah, motor ini menjadi salah satu basis motor balap team Kawasaki mengingat durability performanya yang tinggi

Sedangkan framenya dikembangkan dari versi H-1. Keunggulannya, mampu mengantarkan pengendara lebih smooth mengendalikan motor meski tenaganya besar. Rancangan yang jitu antara susunan tabung frame dengan kinerja swingarm menjadikan gerak manuvernya lebih mantap.

Tidak hanya merekatkan unsur kenyamanan, tapi para insinyur Kawasaki juga ikut mengekspos bongkahan mesin pada desain frame tersebut.

Selanjutnya untuk merebut simpati para penggemar motor besar serta menutup langkah Honda CB750, tatanan bodi Z1 digarap serius.

Penampilannya dibuat lebih modern, salah satunya dari bentuk fender belakang dan tailpiece sebagai penunjang aerodinamisnya. Kontur tailpiece itu disesuaikan dengan desain tangki bensin yang konturnya lebih sporty dan streamline.

Yang mencuri perhatian juga dari susunan knalpot dengan empat pipa yang membuatnya elegan dan lebih kekar menonjolkan kegaharannya. (Arif Syahbani/nm)

Data & fakta Kawasaki Z1
Mesin 4-tak, 4-silinder segaris DOHC
Kapasitas 903 cc
Diameter x langkah 66 mm x 66 mm
Karburator 4-Mikuni VM28
Pengapian 12 volt baterai dan koil
Transmisi 5-speed
Daya maksimum 80,3 hp/8.500 rpm
Kopling Wet-multiplate
Frame Tubular cradle
Fork depan Teleskopik
Suspnsi belakang Swingarm
Rem depan Disc brake
Rem belakang Tromol
Berat 229,5 kg
Top speed 211 km/jam

kawasaki-z1-2

LEAVE A REPLY