Apworks Light Rider, Motor Listrik Rancangan Airbus yang Dicetak Printer 3D

0
Apworks_lightrider06
Light Rider, motor listrik berbahan ringan karya anak perusahaan Airbus, Apworks. Foto: Apworks

Balagnac (naikmotor) – Anak perusahaan pabrikan pesawat terbang konsorsium Eropa Airbus, Apworks menampilkan konsep sepeda motor listrik hasil cetak printer 3D, Light Rider.

Model ini menjadi produk pertama di dunia menggunakan printer 3D. Semua komponen logam Light Rider menggunakan bahan Scalmalloy, paduan scandium, magnesium dan aluminium.

Scalmalloy merupakan bahan metal campuran baru yang digunakan untuk komponen kedirgantaraan. Bahan yang dipatenkan oleh Airbus itu diklaim lebih kuat daripada aluminium-silicon powder yang selama ini digunakan dalam 3D printing masal.

Struktur Scalmalloy digunakan Apworks berbentuk pipa daripada tabung padat, untuk menyembunyikan kabel, kawat dan elemen lainnya. Untuk memperkuat struktur keseluruhan Apworks memanfaatkan Bionic algorithm, sehingga hasilnya sepeda motor tampak ringkas dan ringan. Light Rider lebih ringan 30% dibandingkan sepeda listrik sekalipun.

Rangka dan swingarm Scalmalloy dicetak secara 3D, berwujud mirip exoskeleton. Digerakkan motor listrik 6 kW, mampu menempuh jarak 60 km dengan kecepatan puncak 80 km/jam. Beratnya hanya 35kg. Apworks Light Rider hanya akan diproduksi sebanyak 50 unit. Harganya Euro 51.000 atau sekitar Rp 765 juta per unit.(Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here